pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara

pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara

 

Pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara..

..a. perkawinan silang
b. manipulasi lingkungan hidup
c. melakukan pergiliran tanam

d. penanganan hama

Pada soal dapat diketahui bahwa terdapat cara untuk melakukan pemuliaan tanaman. Dalam soal ditanyakan apa salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pemuliaan tanaman. Untuk mengetahui satu cara yang dapat dilakukan dalam pemuliaan tanaman maka perlu dideskripsikan terlebih dahulu pengertian pemuliaan tanaman serta disebutkan juga cara-cara untuk melakukan pemuliaan tanaman.

Pemuliaan tanaman merupakan suatu kegiatan memodifikasi susunan genetik dari tanaman sehingga tanaman dapat lebih bermanfaat bagi manusia atau untuk tujuan lainnya. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk pemuliaan tanaman antara lain:

  1. Perkawinan silang : perkawinan silang dapat menghasilkan keturunan yang berasal dari induk dengan karakteristik genetik berbeda. hal tersebut dapat memunculkan suatu individu dengan sifat unggul yang berasal dari perpaduan karakteristik genetik induknya
  2. Poliploidi : poliploidi merupakan kondisi sel suatu individu yang mempunyai genom lebih dari sepasang. Tanaman poliploidi pada umumnya memiliki cri morfologi daun yang lebih besar misalnya pada permukaan daun, bunga, dan batang. Selain itu, tanaman poliploidi juga resisten terhadap penyakit
  3. Mutagenesis : informasi genetik dari suatu individu berubah karena adanya mutasi. Mutasi merupakan perubahan struktur genetik organisme yang diturunkan ke keturunannya. Pemuliaan tanaman dengan cara mutagenesis ini efektif untuk mengubah sifat tertentu tanpa mengubah sifat lain yang sudah disukai.
  4. Fusi Protoplas : teknik yang dapat dipakai untuk mengkombinasikan sifat genetik dari spesies tanaman yang berbeda ataupun spesies yang sama sehingga dapat menghasilkan tanaman baru dengan sifat yang lebih unggul. protoplas sendiri merupakan bagian sel tanaman yang tidak memiliki dinding sel.
  5. Transgenik : proses penyisipan gen asing dari organisme lainnya dengan tujuan akan menghasilkan spesies tanaman baru yang memiliki sifat unggul dari tanaman sebelumnya

Berdasarkan langkah-langkah pengerjaan soal dapat diperoleh kesimpulan bahwa salah satu cara untuk melakukan pemuliaan tanaman adalah dengan perkawinan silang. Sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah (A).