Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Foto Lewat Android & Tanpa Aplikasi
Sumber gambar: tribun

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Foto Lewat Android & Tanpa Aplikasi

Aktivitas berfoto adalah sebuah hal yang disukai orang, termasuk juga kamu yang pastinya menyukai foto atau saat sedang kumpul dengan sahabat, kamu pasti akan meluangkan waktu untuk foto bersama, nah jika terdapat banyak sekali berkas foto di dalam ponsel kamu, tentunya akan memakan banyak kapasitas memori perangkat.

Maka dari itu teknkhits akan bagikan informasi menarik tentang bagaimana caranya untuk mengecilkan ukuran foto kamu supaya tidak memakan kapasitas memori, yuk kita simak informasi nya dibawah ini. Cara mengurangi ukuran foto dapat dibilang sebagai salah satu trik penting yang harus kamu kuasai, karena di era sekarang ini kamu akan sering berurusan dengan dokumen digital termasuk foto.

Setiap lembaga biasanya mempunyai sebuah standar tersendiri tentang ukuran foto juga resolusi dari foto yang mereka gunakan, dan kamu harus menyediakan foto digital sesuai dengan standar yang mereka tetapkan. Maka itu, kamu harus tahu gimana cara kompres foto 100KB untuk mengantisipasi pengumpulan foto digital dalam format dan ukuran yang berbeda-beda.

Cara Memperkecil Ukuran Foto di Android via Aplikasi

Photo Compress 2.0
Sumber gambar: google play

Sekarang sudah jaman digital, segala kebutuhan bisa dilakukan secara mobile alias melalui smartphone, termasuk untuk urusan compress dan resize ukuran foto, nih! Nah jika kamu punya file pas foto atau swafoto di HP kamu dan malas untuk pindahin ke PC atau laptop, kamu juga bisa mengubah ukuran foto menjadi kecil di Android, lho.

Di sini kamu dapat andalkan berbagai aplikasi kompres foto terbaik di Android, salah satunya Photo Compress 2.0 yang punya ukuran kecil, hanya 1.7MB saja dan tanpa iklan. Penasaran?

Langkah 1

Download Aplikasi Photo Compress 2.0 Terbaru Untuk Memperkecil Foto
Pastikan kamu sudah unduh dan pasang aplikasi Photo Compress 2.0 yang bisa kamu dapatkan pada tautan di bawah ini, geng.

VIRAL :  Inilah Fitur Terbaru Instagram Stories, Cek Selengkapnya

Langkah 2

Pilih Foto yang Mau Dikompres
Buka aplikasi Photo Compress 2.0, lalu pilih opsi Gallery dan pilih pas foto atau swafoto yang hendak kamu kompres.

Langkah 3

Mulai Kompres Ukuran Foto
Untuk mulai memperkecil size foto, kamu tinggal ketuk tombol Compress. Selanjutnya kamu bisa memilih kualitas dengan geser toogle yang tersedia, jika sudah ketuk Compress sekali lagi.

Langkah 4

Simpan Foto yang Sudah Terkompres
Pada bagian atas kamu bisa lihat ukuran sebelum dan setelah dikompres. Terakhir, kamu tinggal ketuk Exit maka otomatis foto kamu akan tersimpan di memori internal HP Android.

Cara Mengubah Ukuran Foto di HP Tanpa Aplikasi

Cara mengecilkan ukuran foto yang kedua ini engga memerlukan aplikasi apapun, dan dapat langsung kamu praktekkan dari HP Android. Jika kamu malas men-download dan memasang aplikasi di HP Android gara-gara memori penuh, kamu juga bisa ikuti cara yang akan teknohits bahas ini.

Di sini kamu cuma butuh sebuah tools online bernama iLoveIMG. Terdengar sama dengan iLovePDF yang berfungsi untuk menggabungkan file PDF ya! Hehehe. Selain itu salah satu keunggulan dari iLoveIMG adalah mendukung situs berbahasa Indonesia. Jadi nggak akan membuatmu kesulitan untuk mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Langkah 1

Buka Situs iLoveIMG dan Pilih Foto Untuk Memulai Cara Memperkecil Foto
Pertama, kamu tinggal buka situs iLoveIMG (https://www.iloveimg.com/id) pada aplikasi Google Chrome hingga muncul tampilan seperti berikut. Kemudian kamu tinggal pilih menu Kompres Gambar > Pilih Gambar untuk mengunggah foto yang hendak diperkecil ukurannya dari memori internal.

Langkah 2

Mulai Kompres Foto
Pastikan foto yang diunggah ke situs iLoveIMG sudah benar, jika sudah kamu tinggal ketuk Kompres Gambar di bagian bawah. Tunggu proses yang berjalan selama beberapa detik saja.

VIRAL :  5 Aplikasi Menunjang Kerja Dari Rumah Terbaik (WFH)

Langkah 3

Download Gambar Dikompres
Jika sudah selesai, kamu bisa mengetahui ukuran foto dari gambar yang sudah diproses oleh iLoveIMG. Kalau Jaka bilang iLoveIMG cukup efektif karena bisa mengecilkan foto hingga 83%, bro.

Untuk men-download, kamu tinggal ketuk Unduh Gambar yang Dikompres maka akan secara otomatis tersimpan pada folder Downloads di HP Android kamu deh.