Aplikasi Belajar Terbaik, Kamu Biasa Pakai yang Mana?
Sumber gambar: medianavigasi

5 Aplikasi Belajar Terbaik, Kamu Biasa Pakai yang Mana?

Meskipun mayoritas sekolah di indonesia sudah masuk kembali, tapi ternyata masih ada sekolah yang masih mengadakan belajar daring atau belajar dari rumah, itu tentunya membuat para siswa kesulitan saat melakukan aktivitas tersebut bersama sang guru.

Nah, biasanya siswa yang benar benar ingin belajar akan mencari cara nih meskipun belajar daring tak efektif tapi pelajaran harus masuk kedalam otak, salah satu caranya adalah memanfaatkan aplikasi belajar berikut ini, yang akan teknohits bahas.

 

5 Aplikasi Belajar Terbaik

 

1. Ruangguru

Ruangguru
Sumber gambar: blibli

 

Siapa sih yang gak tahu aplikasi belajar online ini? Ruangguru adalah aplikasi bimbel online yang memiliki segudang fitur dan memudahkanmu dalam memahami materi-materi pelajaran. Aplikasi Ruangguru memberikan berbagai materai lewat menonton video yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang digunakan.

Dalam membantu program pemerintah dalam menangkal wabah Covid-19, Ruangguru juga menggelar Sekolah Online yang berupa aplikasi belajar tanpa bayar. Setiap hari, bakal ada materi pembelajaran mulai dari SD, SMP, hingga SMA yang bisa ditonton melalui live streaming mulai pukul 08.00-12.00.

 

2. Rumah Belajar

Rumah Belajar
Sumber gambar: p4tk

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kemendikbud juga mempunyai sebuah aplikasi belajar online gratis sendiri bernama Rumah Belajar. Sama seperti Ruangguru, aplikasi Rumah Belajar tersebut adalah aplikasi portal belajar online yang menyediakan konten berbasis audio visual, lengkap dengan berbagai elemen interaktif di dalamnya.

Ada berbagai fitur unggulan yang dimiliki Rumah Belajar, seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lain sebagainya yang bisa diakses tanpa bayar. Bukan cuma melalui aplikasi mobile, aplikasi belajar gratis ini bisa juga diakses melalui browser di PC atau laptop lewat laman belajar.kemendikbud.go.id.

 

3. Google Classroom

Google Classroom
Sumber gambar: bakti kominfo

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google juga ikut andil dalam menyukseskan belajar tanpa perlu ke sekolah lewat aplikasi bernama Google Classroom atau Google Kelas. Aplikasi Google Classroom tersebut terkoneksi dengan akun Gmail sehingga mempermudah kamu, terutama untuk para pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android.

VIRAL :  Tahukah Kamu Inilah Fitur Keamanan Terbaru WhatsApp

 

4. Edmodo

Aplikasi Edmodo saat ini mempunyai tampilan dan fitur baru yang menghubungkan antara guru, murid, dan orang tua untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar. Bukan cuma untuk memberikan materi dan penugasan, guru juga bisa mendapatkan survei dari metode pembelajaran yang mereka lakukan di dalam aplikasi pembelajaran online satu ini.

Edmodo juga memberikan sebuah fitur pesan langsung yang menghubungkan antara siswa dan guru secara personal. Buat kamu yang penasaran, bisa langsung coba aplikasi kelas online yang satu ini ya!

 

5. Quipper

Quipper
Sumber gambar: quipper

Terakhir ada Quipper yang selain menyediakan opsi pembelajaran online, kamu juga bisa mengunduhnya dan belajar offline melalui aplikasi ini. Quipper juga tergolong memiliki materi pembelajaran yang cukup lengkap dan disesuaikan dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah.

Buat kamu yang sering lupa belajar, aplikasi untuk belajar ini juga bisa membuat jadwal mingguan agar proses belajar kamu lebih teratur. Untuk menikmati konten-konten ekslusif yang ada di Quipper, setidaknya kamu bisa membayar biaya langganan mulai dari Rp90 ribuan per bulan, bro.