Bahan serat alam yg berkembang yang dijadikan kerajinan adalah?

Bahan serat alam yg berkembang yang dijadikan kerajinan adalah?

  1. Pelepah pisang
  2. Daun tebu
  3. Rumput alam
  4. Teratai air
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: A. Pelepah pisang.

Dilansir dari Ensiklopedia, bahan serat alam yg berkembang yang dijadikan kerajinan adalah Pelepah pisang.

Pelpah pisang adalah bagian dari daun pisang yang terdapat ditengah yang membesar dan mengumpul berselang seling membentuk suatu struktur seperti batang (psudo stem)

Pelepah pisang adalah limbah perkebunan pisang yang selama ini masih terpinggirkan, pelepah pisang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai material unggulan yang mudah diperbaharui, tersedia berlimpah, dan memiliki nilai estetika tersendiri. Dalam hal ini pelepah pisang dimanfaat menjadi berbagai jenis kreatifitas yang memiliki nilai jual tinggi dengan proses tertentu. Melalui proses pengolahan dan desain yang kreatif, pelepah pisang bisa dijadikan produk-produk untuk wadah seperti piring dan mangkok yang memiliki nilai dan estetika tinggi dan ramah lingkungan. Inovasi dari bahan pelepah pohon pisang adalah membuat peralatan untuk anak-anak atau orang dewasa contohnya kotak pensil, kotak tissue, kipas, dan kotak obat.

Pelepah pisang sebagai sumber modal berwirausaha dimana wirausahawan dapat mengembangkan potensi kreatifitas nya melalui bahan dasar pelepah pisang, namun dalam usaha ini terdapat beberapa kendala bisnis yang sering dihadapi para pengrajin pelepah pisang yaitu tingkat persaingan pasar di bidang industri kerajinan yang semakin hari kian melesat hebat. Bahkan persaingan pun tidak hanya datang dari pengrajin produk sejenis, namun juga dari produk kerajinan lainnya yang saling berlomba merebut perhatian pelanggan. Meskipun peluang usaha ini memiliki hambatan namun keuntungan yang dijanjikan bagi pelakunya tidaklah kecil. Bahkan sebagian dari pelaku usaha bisa mengantongi untung hingga 50% dari omset yang mereka dapatkan, mengingat keberadaan limbah pelepah pisang sangat mudah ditemukan di berbagai daerah, dan harga jualnya pun masih sangat rendah.