kerjasama apa yang dilakukan indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara

kerjasama apa yang dilakukan indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara

jawaban

Kerja sama yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara adalah kerjasama dibidang budaya, seperti contoh belum lama ini pemerintah Indonesia melakukan presentasi batik di pameran kamboja.

Pembahasan  

Batik berasala dari 2 suku kata Bahasa jawa yaitu “amba” dan “titik”. amba berarti menulis, sedangkan titik bermakna titik. Jadi jika kedua makna dari kata tersebut digabungkan, batik memiliki arti menulis titik pada suatu kain. Dimana titik tersebut dapat menggambarkan harmonisnya suatu hubungan antara manusia dengan sang pencipta. Di Indonesia terdapat beberapa motif batik, diantaranya :

– Motif Sidomukti Magetan : Motif sidomukti magetan ini bermakna ketenangan lahir dan batin.

– Motif Batik Jepara : Jenis motif batik jepara dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu motif lama dan motif baru. Motif lama berpola flora dan fauna, gajah, ulir hijau, dan lain sebagainya. Sedangkan motif baru lebih banyak memiliki variasi.

– Motif Batik Sidoasih : Motif batik sidoasih memiliki makna agar dalam hidup berumah tangga hidupnya akan selalu dipenuhi dengan limpahan kasih dan sayang.

– Motif Batik Kawung : Motif batik kawung adalah motif yang menggambarkan buah aren,

– Motif Batik Mega Mendung : Motif batik mega bandung adalah motif batik asli dari kota Cirebon. Ciri khas dari batik ini adalah berbentuk seperti awan dan berwarna gelap.