timbulnya pergerakan nasional indonesia dipelopori oleh

timbulnya pergerakan nasional indonesia dipelopori oleh

a.kaum bangsawan
b.para pelajar
c.tokoh tokoh liberal
d.para ulama

jawaban

Timbulnya pergerakan nasional indonesia dipelopori oleh…

a.kaum bangsawan

b.para pelajar

c.tokoh tokoh liberal

d.para ulama

Pembahasan

Munculnya kaum terpelajar di Indonesia menyebabkan terjadinya pergerakan nasional yang ingin memerdekakan Indonesia. Kaum pergerakan ini melakukan berbagai cara baik itu secara radikal atau koperatif dengan Belanda.

Kaum terpelajar menjalankan pergerakan nasional melalui cara seperti membuka organisasi yang kemudian melalui organisasi tersebut mereka menuntut untuk memerdekakan Indonesia.

Pergerakan nasional adalah perjuangan kaum terpelajar dengan cara yang lebih modern, yaitu menggunakan kekuatan organisasi. Masa pergerakan nasional dibedakan menjadi 3 masa, yaitu masa awal (perkembangan) pergerakan nasional, masa radikal, dan masa moderat.

Pembahasan

Lahirnya pergerakan nasional diawali dengan kesadaran para kaum pelajar bahwa perjuangan yang selama ini dilakukan selalu gagal. Penyebab kegagalan tersebut adalah

  1. Perjuangan bersifat kedaerahan.
  2. Perlawanan tidak dilakukan secara serentak.
  3. Masih bergantung pada pimpinan (jika pemimpin tertangkap, perlawanan terhenti).
  4. Kalah dalam persenjataan.
  5. Belanda menerapkan politik adu domba (devide et impera)

Kemudian, kaum pelajar menyadari bahwa bentuk diplomasi dan melalui berbagai organisasi pergerakan dipandang lebih tepat. Sehingga, lahirlah banyak organisasi pergerakan, seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan Indische Partij (IP).