Cara Membuat Podcast Keren Di Spotify, Auto Viral!

Hallo sobat teknohits, Tahukah Kamu Apa Itu Spotify? Tentunya saat ini berbagai kalangan masyarakat terutama anak milenial sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Spotify yang dianggap sebagai aplikasi mendengarkan musik dan audio terbesar Saat ini.

Nah, untuk kamu yang tidak mau hanya menjadi pendengar setia Spotify kamu juga bisa loh membuat konten podcast di aplikasi asal swedia ini, caranya juga sangat mudah tak ribet kok, kamu cuma membuat rekaman lalu menguploadnya ke akun Spotify kamu, untuk membahas itu, yuk kita simak dibawah ini.

Untuk mulai belajar tentang cara membuat podcast Spotify nih, bro. Persiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang kamu butuhkan untuk membuat podcast, seperti:

 

Mikrofon

Komputer/Laptop

Mixer

Webcam/Kamera

Pop Filter

Mungkin kamu akan bertanya, kenapa kita memerlukan peralatan tersebut? Apakah kita tidak bisa menggunakan perekam suara biasa di ponsel? Memakai peralatan yang lebih canggih akan membuat suara podcast kamu terdengar lebih jernih dan halus, sehingga pendengar podcast-mu nanti tidak akan terganggu dengan suara-suara lain atau noise.

Setelah kamu siapkan peralatan tersebut, lakukan langkah-langkah awal berikut ini:

 

1. Siapkan topik dan narasi

Hal pertama yang harus kamu lakuin dalam membuat podcast di Spotify adalah menentukan topik apa yang ingin kamu bahas. Saran mimin, kamu pilih topik yang kamu minati atau kamu kuasai agar memudahkan kamu untuk membuat podcast

Narasi podcast juga perlu kamu buat dan ini sangat penting, bro. Narasi podcast berisi poin-poin dari topik yang akan kamu bahas dalam podcast tersebut. Lalu berikutnya kamu bisa membuat cover gambar untuk Spotify podcast kamu. Buatlah semenarik mungkin, berhubungan dengan topik kamu, dan lebih baik hindari gambar yang memiliki hak cipta.

 

2. Rekam Suara

Pastikan semua peralatan hingga aplikasi yang akan kamu gunakan dapat bekerja dengan baik. Kemudian lakukan langkah kedua yakni proses perekaman suara. Pilihlah ruangan yang tidak terlalu dekat keramaian, kalau punya ruangan kedap suara akan lebih bagus. Ingat untuk memberikan salam pembuka dan penutup di podcast kamu.

Proses perekaman suara bisa memakan waktu. Pastikan kamu tidak berbicara terlalu cepat namun juga tidak terlalu lambat.

 

3. Edit Hasil Rekaman Suara

Tahan cara bikin podcast di Spotify selanjutnya adalah mengedit hasil rekaman suara kamu menggunakan aplikasi edit suara, misalnya seperti Audacity. Kamu bisa menghilangkan suara mengganggu di dalam hasil rekaman suara. Kamu juga bisa memberikan jeda atau menambahkan musik di dalam podcast kamu.

Kemudian simpan berkas dalam format MP3 (SO/IEC 11172-3 MPEG-1) dengan bitrates antara 96 sampai 320 Kbps. Jangan lupa memberi nama pada file tersebut dan pastikan ukuran file tidak melebihi 200MB.

 

4. Buat RSS Feed

Setelah itu, buat RSS Feed sebagai tempat berkas MP3 atau hasil rekaman kamu. RSS Feed berfungsi untuk tempat me-update informasi terbaru tentang podcast kamu. Kalau kamu tidak menggunakan RSS feed, kamu harus me-update tiap platform secara manual setiap kali kamu membuat episode baru.

Kamu bisa menggunakan hosting podcast, baik yang berbayar maupun gratis, contohnya menggunakan situs blogging seperti Blodder, WordPress, SoundCloud, atau BuzzSprout.