apakah lirik lagu tanah airku mencerminkan nilai-nilai cinta tanah air jelaskan

apakah lirik lagu tanah airku mencerminkan nilai-nilai cinta tanah air jelaskan

jawaban

Lirik lagu “tanah airku” mencerminkan nilai-nilai cinta tanah air dengan pemaparan tentang keindahan Indonesia melalui sebuah lagu. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang merindukan kehidupan di bumi pertiwi. Suasana dan keadaan di Indonesia membuat seseorang itu merasa ingin pulang dan menikmati indah alam Indonesia. Ia juga menghargai tanah airnya karena menjadi tanah tempat ia dilahirkan dan selalu akan menjadi rumahnya, tujuannya saat pulang.

Pembahasan

Banyak lagu nasional diciptakan dengan lirik yang menjelaskan keadaan tanah air dan membanggakan alam indah yang dimiliki bumi pertiwi kita ini. Ini adalah salah satu bentuk rasa cinta pada tanah air yang dituangkan serta di syairkan untuk menjelaskan betapa indahnya Indonesia sebagai tanah air kita dari segi budaya, daerah, perbedaan, dan alam Indonesia yang kaya akan sumber daya nya.

Salah satu lagu yang menjelaskan indahnya Indonesia adalah lagu “tanah airku” yang diciptakan oleh Ibu Sud. Ibu Sud atau Saridjah Niung merupakan seniman, musisi, dan pencipta lagu anak-anak. Ibu Sud juga dikenal sebagai tokoh musik tiga zaman karena sudah menciptakan musik sejak zaman Belanda, Jepang dan Indonesia. Menurut buku Kumpulan Lagu Nasional: Puspa Swara, 2007 karya Gunawan Ismail, Ibu Sud bertekad menciptakan lagu untuk anak Indonesia karena kesal melihat murid-muridnya dipaksa untuk menyanyikan lagu Belanda saat sedang bersekolah.

Berikut lirik lagu “tanah airku” karangan Ibu Sud,

Tanah Airku, tidak kulupakan,

Kan terkenang, selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh,

Tidak kan hilang dari kalbu

Tanahku yang kucintai

Engkau, kuhargai

Walaupun banyak negeri kujalani,

Yang mahsyur permai dikata orang,

Tetapi kampung dan rumahku,

Disanalah ku merasa senang

Tanahku tak kulupakan,

Engkau kubanggakan.