Cara Upload Podcast Kamu Ke Spotify, Bisa Langsung Kaya Raya Bro!

Beberapa tahun ini masyarakat diramaikan dengan aplikasi musik dan audio Spotify yang viral ditengah kalangan masyarakat, terutama kalangan anak muda yang sangat mengandrungi aplikasi kekinian ini. Namun kamu juga bisa loh coba peruntungan dengan mengupload rekaman podkast kamu ke Spotify, jika berhasil dan banyak yang suka tentunya kamu akan menjadapatkan keuntungan yang tak sedikit, bahkan bisa jadi kaya.

 

Apa Itu Podcast?

Cara Upload Podcast Kamu Ke Spotify, Bisa Langsung Kaya Raya Bro!
Sumber gambar: merdeka

Tapi sebelum kamu mengunggah podkast kamu ke Spotify, kamu harus belajar cara buat podcast di Spotify, kamu kenali dulu sebenarnya apa sih podcast itu. Podcast adalah sebuah konten berbentuk audio digital yang tersedia di internet. Biasanya isinya membahas berbagai macam topik secara berseri dan bisa didengarkan kapan saja.

Istilah podcast sendiri yaitu sebuah gabungan dari kata iPod dan broadcasting. Sebab, podcast pertama kali muncul pada tahun 2005 bersamaan dengan peluncuran iPod dari Apple. Lalu di tahun 2007, podcast baru mulai banyak digemari sebagai salah satu alternatif selain siaran radio.

Podcast mulai merambah berbagai negara. Dengan menggunakan bahasa asalnya, podcast bisa menjadi salah satu cara untuk belajar bahasa asing. Kamu juga bisa menemukan berbagai macam topik dan kategori bahasan yang menarik dalam bentuk podcast. Mulai dari kesehatan, kecantikan, bisnis, hobi, desain, seni, film, dan berbagai macam topik lainnya.

Untuk mendengarkan podcast, kamu bisa menggunakan berbagai gadget yang kamu punya melalui sejumlah aplikasi podcast, salah satunya Spotify.

 

Cara Upload Podcast ke Spotify

Jika kamu sudah membuat sebuah podkast, Langkah selanjutnya kamu upload hasilnya kedalam Spotify, lebih lengkapnya yuk simak langkahnya dibawah ini.

Langkah 1 – Klik Get Started

Kunjungi laman Spotify for Podcaster. Di halaman awal, klik tombol Get Started untuk mulai cara membuat podcast di Spotify.

Langkah 2 – Masukkan link RSS Feed

Langkah selanjutnya untuk memasukkan podcast ke Spotify adalah memasukkan link RSS Feed kamu. Masukkan link ke kotak yang telah tersedia lalu klik Next.

Langkah 3 – Verify podcast-mu

Kemudian Spotify akan memverifikasi bahwa memang kamu yang memiliki konten podcast yang kamu masukkan. Caranya dengan mengirimkan kode 8 digit ke alamat email yang digunakan untuk membuat RSS Feed. Setelah kamu menerima kode verifikasi, ketik di kotak yang tersedia lalu klik Next.

Langkah 4 – Isi Detail Podcast

Kemudian, isi detail podcast yang kamu masukkan, seperti di negara mana kamu membuat podcast ini, bahasa utama yang digunakan, kategori utama podcast dan lain-lain. Setelah mengisi semua kategori, klik Next.

Langkah 5 – Review & Submit Podcast

Langkah terakhir dalam cara membuat podcast di Spotify adalah me-review semua informasi yang kamu masukkan. Kalau kamu yakin semuanya sudah benar dan detail, klik tombol Submit. Selesai! Spotify resmi menerima podcast kamu, bro. Setidaknya dibutuhkan beberapa jam bagi tim Spotify untuk mengkaji dan mengatur kapan podcast kamu live.