Cara Mudah Format Kartu SD di HP & Laptop, Gampang Banget!
Sumber gambar: gadgetren

Cara Mudah Format Kartu SD di HP & Laptop, Gampang Banget!

Kartu SD adalah sebuah alat penyimpanan yang sangat bermanfaat bagi ponsel, dengan adanya kartu SD maka kamu bisa menyimpan banyak file di dalam smartphone android kamu, dan membebaskan memori telpon kosong agar perangkat berjalan dengan lancar.

Akan tetapi, kamu seringkali dihadapkan dengan masalah kartu SD rusak seperti misalnya kartu SD tidak terbaca yang buat aktivitas kamu menjadi terganggu, apalagi kalau semua data, foto, maupun video tersimpan di dalamnya.

Daripada kamu bingung untuk mengatasinya, teknohits sudah merangkum berbagai cara menformat kartini sd atau kartu memori yang tidak terbaca sama sekali khusus buat kamu.

 

Format Kartu SD Melalui HP Android

Format Kartu SD Melalui HP Android
Sumber gambar: dunia android

Jika kamu udah hopeless dan gak terlalu mementingkan data yang tersimpan di dalamnya, kamu dapat langsung memformat kartu SD supaya kembali normal dan bisa dipakai kembali.

Metode pertama dan tentu yang paling mudah yaitu melakukan format melalui HP Android secara langsung tanpa perlu memakai aplikasi tambahan. Lalu, bagaimana langkah-langkah cara memperbaiki kartu SD rusak menggunakan metode ini?

Pastikan kartu SD kamu udah terhubung dengan smartphone Android yang kamu gunakan. Lalu pergi ke menu Settings > Storage > Portable storage dan pilih drive kartu SD kamu. kamu tinggal piliih menu Storage settings > Format > Erase & format. Tunggu proses hingga selesai dan pilih Done.

Terakhir, kamu tinggal cek kartu SD apakah sudah terformat dan kembali normal. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bila kamu melakukan metode ini maka semua data termasuk aplikasi yang dipindahkan ke SD card pun akan ikut terhapus, ya! Note: Langkah format kartu SD di HP Android bisa berbeda-beda untuk setiap tipe. Namun secara umum langkah yang dilakukan hampir sama seperti di atas.

 

Format Melalui PC/Laptop

Kartu SD yang rusak tetap masih error walaupun sudah di-format di Android? Tak usah khawatir! Selain untuk lakukan langsung di HP Android, kamu juga dapat melakukan format kartu SD melalui PC/laptop untuk hasil yang lebih advanced dan sempurna. Begini caranya:

Hubungkan kartu SD memakai card reader dan tunggu hingga terhubung. Jika masih ada data yang tersisa, kamu bisa backup dulu ke PC/laptop. Lalu buka Explorer (Windows + E) lalu pilih pada drive kartu SD. Klik kanan lalu pilih menu Format…

Lakukan langkah format kartu SD dan tunggu hingga proses selesai. Jika sudah kembalikan data ke dalam kartu SD dan pastikan apakah sudah bisa dipakai atau belum.