2 Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus Di Smartphone Android

Terkadang saat saking banyaknya foto yang terdapat pada Smartphone Android kamu, kamu tak sengaja menghapus beberapa foto yang sangat penting, jika kamu pernah mengalami hal tersebut kamu tidak perlu terlalu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengembalikan foto kamu tersebut.

 

2 Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus Di Smartphone Android

 

 

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Google Photos
Sumber gambar: androbuntu

Yang pertama, teknohits akan berikan cara mengembalikan foto yang terhapus di Android. Cara ini tergolong simple dan mudah untuk kamu lakukan. Kamu tenang, kamu tak perlu melakukan root pada Android-mu untuk kembalikan foto yang telah terhapus.

Yang kamu butuh cuma aplikasi yang tersedia gratis di Play Store maupun di toko aplikasi lainnya. Bahkan, kamu juga dapat memakai aplikasi bawaan Google Photos, lho! Nah, untuk kamu yang penasaran cara mengembalikan foto yang terhapus di HP vivo, Xiaomi, Samsung, atau merek HP Android lainnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

 

1. Cara Mengembalikan Foto yang Hilang Menggunakan Aplikasi Pengembali Foto

aplikasi Dumpster
Sumber gambar: google play

Untuk kamu yang menyukai dan memakai aplikasi galeri lain alias nggak menggunakan Google Photos, sejatinya banyak aplikasi alternatif untuk mengembalikan foto yang terhapus. Salah satunya yaitu aplikasi Dumpster. Aplikasi mengembalikan foto yang terhapus ini kualitasnya cukup baik.

Lalu bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus menggunakan Dumpster? Cukup ikuti langkah demi langkah mudah di bawah ini:

 

Langkah 1 – Buka aplikasi Dumpster

Pertama-tama, kamu buka Dumpster di HP Android milikmu. Jika belum punya, kamu bisa instal

Langkah 2 – Ketuk ikon tiga garis

Bila proses install sudah, segera buka aplikasinya dan pilih ikon tiga garis yang terletak di sebelah kiri atas. Lanjutkan dengan memilih opsi Deep Scan Recovery.

Langkah 3 – Pilih foto yang akan dikembalikan (restore)

Aplikasi lalu akan memunculkan seluruh foto yang pernah ada dan sudah terhapus dari perangkat Android kamu. Pilih salah satu atau beberapa foto yang ingin kamu kembalikan.

Langkah 4 – Pilih ‘Restore to Gallery’

Setelah buka foto, pilih Restore to Gallery. Foto itu lalu akan otomatis kembali muncul di galeri smartphone. Selain Dumpster dan aplikasi Android lain yang juga tersedia di Play Store, kamu bisa memakai bantuan aplikasi atau software lain di perangkat PC. Salah satunya adalah Wondershare Dr.Fone.

 

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Menggunakan Google Photos

 

Google Photos merupakan salah satu aplikasi bawaan dari Google yang berfungsi untuk manajemen file berupa foto dan video yang banyak digunakan pengguna smartphone Android. Aplikasi tersebut memiliki berbagai keunggulan, salah satunya menyimpan ribuan foto dan juga bisa digunakan sebagai alternatif cara mengembalikan foto yang hilang di galeri. Dengan kata lain, kamu dapat kembalikan foto yang terhapus dengan mudah di aplikasi ini. Caranya? Cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

 

Langkah 1 – Pilih ikon tiga garis

Buka aplikasi Google Photos yang ada di smartphone Android kamu. Lalu pilih ikon tiga garis yang ada di sebelah kiri atas.

Langkah 2 – Pilih menu ‘Trash’

Lanjutkan dengan memilih opsi menu Trash.

Langkah 3 – Pilih foto yang akan di-restore

Aplikasi lalu akan menampilkan seluruh foto yang pernah ada di perangkat Android-mu, termasuk yang sudah terhapus. Pilih salah satu atau beberapa foto yang ingin kamu kembalikan.

Langkah 4 – Restore foto

Pilih ikon titik tiga yang ada di sebelah kanan atas, lalu pilih Restore. Foto tersebut pun akan otomatis muncul kembali di galeri.

 

Tinggalkan komentar