Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tiba Tiba di Android, Perhatikan Baik Baik!
Sumber gambar: tutorial aplikasi

5 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tiba Tiba di Android, Perhatikan Baik Baik!

Sebelumnya teknohits sudah memberikan kamu info tentang penyebab sinyal hilang secara tiba tiba, dan kali ini mimin akan kembali berikan informasi lainnya khusus untuk kamu yang selalu bermasalah dengan sinyal Smartphone kamu, yaitu cara mengatasi sinyal yang hilang secara tiba tiba, yuk kita ulas bersama dibawah ini.

 

5 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tiba Tiba di Android

 

1. Restart HP (Cara mengatasi sinyal hilang paling gampang)

Kamu Bingung gimana cara mengatasi jaringan hilang timbul di HP Xiaomi atau merek lainnya? Ini dapat jadi cara paling mudah dan praktis untuk mengatasi penyebab sinyal hilang. Dengan lakukan restart, HP akan memulai semua proses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru.

Melakukan restarting HP juga dapat atasi berbagai masalah yang muncul di smartphone kita lho. Termasuk salah satunya, cara mengatasi internet lemot!

 

2. Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal tak muncul selanjutnya adalah cukup dengan mengaktifkan fitur Airplane Mode atau mode pesawat di HP kamu. Setelah itu, kamu biarkan untuk beberapa saat dan kemudian non-aktifkan kembali mode tersebut, bro.

Dengan begini, smartphone Android akan mencari server jaringan 4G LTE baru yang lebih baik. Bahkan, cara ini juga sudah banyak dilakukan dan terbukti efektif. Oh iya, untuk kamu yang sedang mencari cara mengatasi sinyal hilang Telkomsel atau provider lainnya, cara satu ini bisa banget lho kamu coba!

 

3. Cek Pemasangan SIM Card

Kalau indikator sinyal tidak muncul juga, coba cek kembali apakah kamu sudah memasang SIM card di slotnya dengan baik. Pemasangan yang salah akan membuat SIM card tidak terdeteksi, hasilnya sinyal pun jadi tidak muncul.

Bukan cuma membuat sinyal HP hilang, kesalahan dalam menaruh SIM card juga bisa berpotensi merusak komponen hardware HP atau kartu SIM itu sendiri lho. Jadi, hati-hati ya!

 

4. Cari Jaringan Secara Manual

Sudah coba mencari jaringan secara manual untuk mengatasi jaringan selular yang hilang? Kalau belum, mending kamu coba sekarang deh! Untuk pilih jaringan secara manual sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Pertama kamu masuk ke Settings > Network > Connections > Mobile Network > pilih Operator > Select Automatically.

Bila sudah, maka smartphone pun akan mencoba terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi. Di beberapa kasus cara ini juga bisa membantu menstabilkan dan memperkuat sinyal HP lho.

 

5. Sinyal Radio yang Buruk

Sinyal yang hilang dapat saja disebabkan karena HP kita tidak memancarkan sinyal radio yang benar. Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu harus memasukan kode seperti yang ada pada gambar di dial pad HP kamu. Lalu akan muncul tampilan menu, dan pilih Phone Information. Setelah itu klik Run Ping Test lalu scroll ke bawah dan pilih LTE/GSM auto (PRL). Kemudian tap pada tombol Turn Off Radio.

Saat semua proses sudah selesai, kamu tinggal Restart HP kamu dan lihat perubahannya. Cek bagaimana kondisi jaringan kamu setelah mengikut cara mengatasi sinyal tidak muncul di atas. Ini juga dapat kamu coba yang mencari cara memperbaiki penangkap sinyal HP ya!