7 Cara Mudah Menghemat Baterai HP Terbaru, Dijamin Awet Seharian!

Dalam Artikel sebelumnya teknohits sudah memberikan atau memberi kamu informasi mengenai hal apa saja yang menjadi penyebab HP kamu boros alias cepat lowbat, untuk itu sekarang mimin akan berikan kamu cara untuk menghemat baterai HP kamu supaya awet dan tahan seharian, yuk langsung saja simak infonya dibawah ini.

 

7 Cara Mudah Menghemat Baterai HP Terbaru

Cara Mudah Menghemat Baterai HP Terbaru, Dijamin Awet Seharian!
Sumber gambar: ayobandung

1. Perhatikan Aplikasi yang Berjalan

Banyaknya aplikasi yang dipakai jadi penyebab baterai smartphone menjadi boros. Untuk itu, ada baiknya kamu selalu perhatikan aplikasi berjalan yang ditempatkan pada background. Bila sewaktu-waktu kamu rasa baterai Android kamu cepat sekali habis, coba cek penggunaan baterai kamu dengan masuk menu Settings > Battery > Battery Usage. Bila kamu temukan aplikasi yang boros baterai, sebaiknya kamu uninstall atau batasi penggunaannya secara bijak.

 

2. Hati-hati Install Aplikasi

Kamu Selalu perhatikan dan hati-hati terhadap aplikasi yang diinstal. Selalu baca baik-baik akses apa saja yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi. Beberapa aplikasi akan buat baterai smartphone cepat habis karena terus-terusan melakukan ping lokasi Android kamu. So, ada baiknya kurangi menginstal aplikasi yang membutuhkan akses lokasi kamu.

 

3. Disable Aplikasi Bawaan

Faktanya banyak sekali vendor yang menyematkan banyak bloatware pada smartphone besutannya. Kecuali untuk HP Android One yang menggunakan sistem operasi murni. Untuk cara menghemat baterai HP Xiaomi maupun Android lainnya, coba disable bloatware dengan cara masuk ke menu Settings > Apps > Pilih Aplikasi > Disable. Selain dinonaktifkan, kamu juga dapat menghapus aplikasi bawaan di Android tanpa root supaya kondisi baterai HP kamu tidak terancam.

 

4. Power Saving Mode

Jika kebenaran smartphone kamu udah memakai sistem operasi Android Lollipop, kamu bisa menghemat daya tahan baterai Android dengan masuk ke fitur Power Saving Mode. Pada mode ini semua fungsi smartphone yang mengonsumsi baterai kamu akan dibatasi, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi. Cara masuk Power Saving Mode adalah dengan masuk Settings > Battery > Battery Saver pada pengaturan smartphone kamu. Untuk cara menghemat baterai HP Samsung J2 Prime maupun tipe lainnya, coba masuk ke menu Ultra Power Saving Mode yang akan menyesuaikan tampilan untuk menghemat baterai.

 

5. Matikan Fitur Smart Stay

Di kebanyakan smartphone Samsung atau Android lainnya terdapat fitur Smart Stay yang akan membuat smartphone kamu tetap menyala selama kamu menatap layarnya. Tapi tahukah kamu jika fitur ini berimbas besar kepada baterai HP kamu? Kondisi stand-by dengan layar menyala akan menguras baterai HP sedikit demi sedikit. Bila dibiarkan, baterai HP akan cepat boros, atau bahkan cepat rusak, loh! Jadi, buruan nonaktifkan fitur ini.

 

6. Go Grayscale!

Masih berhubungan dengan kamu yang hobi membaca, kamu dapat hemat daya baterai smartphone Android dengan cara masuk ke tampilan Grayscale atau Dark Mode. Fitur Dark Mode akan buat tampilan layar Android kamu jadi tampak gelap sehingga mengurangi konsumsi baterai. Cara mengaktifkan Dark Mode di HP Android dapat kamu lakukan dengan mudah.

 

7. Gelap Tak Selalu Jahat

Tema gelap tak selalu berkaitan kejahatan. Malah berguna banget buat smartphone, apalagi bila memakai layar dengan panel AMOLED. Layar AMOLED sangat lemah terhadap warna cerah seperti putih. Ujung-ujungnya, baterai HP bakal kena imbas. Maka dari itu, cara menghemat baterai HP OPPO dan Android lainnya, salah satunya yaitu dengan menggunakan wallpaper bernuansa gelap.