5 Film Sejarah Dunia yang Wajib Kamu Tonton, Ada Sejarah Adolf Hitler?

Hallo guys, apakah kamu suka sejarah? Atau ingin tahu sejarah dunia itu bagaimana, tapi masalahnya kamu malas baca buku? Tenang, kamu bisa mengetahui sejarah sejarah penting dunia dengan menonton sebuah film yang akan Teknohits rangkum dibawah ini, film apa saja? Yuk kita bahas satu per satu.

 

5 Film Sejarah Dunia yang Wajib Kamu Tonton

 

1. 12 Years a Slave (2013). 

12 Years a Slave (2013)

12 Years a Slave adalah sebuah film sejarah yang diangkat dari memoar Solomon Northup, seorang pria kulit hitam yang dijual paksa sebagai budak selama 12 tahun. Berawal dari, Solomon yaitu seorang musisi terpelajar di New York yang saat itu sudah tidak menerapkan perbudakan. Ia kemudian mendapatkan tawaran kerja di Washington DC.

Akan tetapi, sebabnya ia ditipu dan dijual sebagai budak di New Orleans. Film ini bakal menceritakan 12 tahun penderitaan Solomon sebagai budak dengan sangat detail.

 

2. Last of The Mohicans (1992)

Last of The Mohicans (1992)
Sumber gambar: imdb

Last of The Mohicans adalah sebuah film sejarah dengan latar perang era kolonialisme dan dibintangi oleh aktor berbakat, Daniel Day Lewis. Pada zaman tersebut, Perancis dan Inggris sedang berperang di tanah kolonial Amerika. Di tengah-tengah mereka terdapat suku-suku Indian / Mohican yang terjebak dan harus memilih kubu.

Banyak anggota suku yang menjadi korban akibat peperangan kaum penjajah ini. Di lain sisi, sekelompok Mohican berupaya menyelamatkan seorang anak perempuan dari tentara Inggris.

 

3. Hotel Rwanda (2004)

Hotel Rwanda (2004)

Yang ketiga ada sebuah film Hotel Rwanda yang mengisahkan sejarah pembantaian / genosida di Rwanda tahun 1994. Tragedi tersebut memakan korban jiwa hingga 1 juta orang. Dalam film tersebut, kita bakal mengikuti kisah nyata dari Paul Rusesabagina, seorang manajer hotel di Rwanda yang menyembunyikan 1.268 suku Tutsi dan Hutu dari kejaran milisi liar.

Suku Hutu dan Tutsi merupakan target utama dari genosida ini. Bahkan 70% suku Tutsi di Rwanda tewas secara mengenaskan.

 

4 Gandhi (1982)

Gandhi (1982)
Sumber gambar: Wikipedia

Jika kamu belajar sejarah, tak mungkin kamu nggak kenal dengan tokoh satu ini. Gandhi adalah pemimpin gerakan anti pendudukan Inggris di India pada abad ke-20. Film sejarah India berikut ini mengisahkan awal perjuangan Gandhi dalam memerdekakan India dari penjajahan Inggris dengan gerakan protes tanpa kekerasan kepada pemerintah.

Gerakan tanpa kekerasan yang dipimpin oleh Gandhi ini semakin lama semakin besar kharisma seorang Gandhi yang mampu menghipnotis rakyat India.

 

5. Sang Pencerah (2010)

Sang Pencerah (2010)
Sumber gambar: vidio

Setelah 9 film sejarah luar negeri, saat ini saatnya teknohita membahas film sejarah Indonesia. Salah satu film Indonesia terbaik favorit Jaka yaitu Sang Pencerah. Sang Pencerah adalah sebuah film sejarah Islam Indonesia garapan sutradara Hanung Bramantyo yang menceritakan kisah pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan (Lukman Sardi). Dalam perjalanannya mendirikan Muhammadiyah, Ahmad Dahlan mendapat banyak penolakan terutama dari Kyai-Kyai di kampung halamannya.