Benarkah Petir Bisa Bikin Subur Tanaman? Coba Lihat Beberapa Fakta Ini

Saat hujan deras, tentunya kamu sudah tak asing lagi dengan suara petir yang selalu terjadi berbarengan dengan hujan deras. petir sendiri jadi salah satu yang dihindari manusia karena memang sambaran yang ditimbulkan sangat berbahaya.

sambaran petir itu sangat berbahaya sebab berkekuatan hingga 15 juta volt yang bisa menyebabkan manusia tewas jika tersambar. Akan tetapi ternyata selain memiliki dampak yang sangat berbahaya petir juga mempunyai beberapa fakta menarik loh di dalamnya.

 

APA ITU PETIR?

Petir adalah sebuah percikan listrik berukuran besar yang terlihat di atmosfer Bumi, di antara awan, udara, maupun tanah. Petir yang terjadi jika hujan disebabkan karena adanya pertemuan banyak es di awan yang saling bergerak di udara.

Pertemuan dan tabrakan ini lalu berhasil membuat suatu muatan listrik, yang membuat awan jadi penuh dengan muatan listrik. Listrik yang menumpuk di awan kemudian dilepaskan, baik dari awan ke awan maupun dari awan ke tanah.

 

Berikut Ini 5 Fakta Petir yang wajib kamu tahu

 

1. Kecepatan Petir

Samabaran petir mampu bergerak dengan kecepatan cahaya atau sekira 670 juta mph. Samabara petir rata-rata bergerak pada kecepatan selatif 270 ribu mph. Dimana memakan waktu sekitar 55 menit untuk perjalanan ke bulan atau sekitar 1,5 detik dari London ke Bristol. Sangat cepta bukan

 

2. Tempat Paling Sering Tersambar Petir di Dunia

Danau Maracaibo di Venezuela adalah tempat yangs sering terkena sambaran petir. Bahkan, petir besar terjai hampir selama 140 hingga 160 malam per tahun. Semalam rata-rata terjadi 28 petir per menit yang mampu bertahan hingga 10 jam pada suatu waktu. Jadi satu malam, Danau Maracaibo bisa tersambar petir sekira 40 ribu kali.

 

3. Helikopter Menyebabkan Petir

Sebuah penelitian mengatakan jika helikopter dapat bisa sambaran petir yang terisolasi. Saat terbang, helikopter memperoleh muatan negatif, jadi jika terbang dekat dengan daerah yang bermuatan positif, seperti halnya hujan es atau pangkal awan cumulonimbus, helikopter mampu memicu sambaran petir

 

4. Petir Menghancurkan Pohon

Pohon seringkali dapat dihancurkan dengan sambaran petir. Ketika petir mengenai pohon, petir akan menjalar tepat dari bagian bawah kulit pohon di mana ada lapisan getah dan air. Lapisan ini langsung menjadi panas dan mengembang menyebabkan kulit kayu terlepas dari pohon dan terkadang membelah batang pohon.

 

5. Membuat Subur Tumbuhan

Salah satu hal yang membuat tanaman mampu menyerap nitrogen adalah dengan mengandalkan proses yang disebut fiksasi Nitrogen. Meskipun banyak dari proses ini dilakukan oleh bakteri dan ganggang, panas yang ekstrim dari sambaran petir menyebabkan nitrogen berikatan dengan oksigen untuk membuat nitrogen oksida yang bergabung dengan kelembaban di udara turun saat hujan dan menyirami tanaman dengan air yang kaya nitrat.