Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung

Pendahuluan

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung. Provinsi Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatera dan memiliki luas wilayah sekitar 34.623,80 km². Dengan luas wilayah yang cukup besar, tentunya ada banyak penduduk yang tinggal di sana. Lalu, berapa jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Definisi Kepadatan Penduduk

Sebelum membahas lebih jauh tentang jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang tinggal di suatu wilayah dibagi dengan luas wilayah tersebut. Semakin banyak penduduk yang tinggal di suatu wilayah, maka kepadatan penduduknya semakin tinggi.

Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah penduduk Provinsi Lampung sebanyak 8.620.982 jiwa. Sedangkan luas wilayah Provinsi Lampung sebesar 34.623,80 km². Dengan demikian, jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung adalah 249 jiwa/km².

Perkembangan Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada tahun 2010, jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung sebesar 227 jiwa/km². Kemudian, pada tahun 2015, jumlah kepadatan penduduk meningkat menjadi 239 jiwa/km². Dan pada tahun 2020, jumlah kepadatan penduduk meningkat lagi menjadi 249 jiwa/km².

Penyebab Peningkatan Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung

Peningkatan jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung didorong oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Selain itu, Provinsi Lampung juga memiliki potensi ekonomi yang cukup baik sehingga banyak orang yang datang ke sana untuk mencari pekerjaan.

Dampak Peningkatan Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung

Peningkatan jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung juga membawa dampak yang cukup signifikan. Salah satu dampaknya adalah semakin banyaknya permukiman yang dibangun di wilayah tersebut. Hal ini menyebabkan semakin berkurangnya lahan kosong dan lahan pertanian.

Upaya Pemerintah dalam Mengatasi Peningkatan Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan beberapa upaya dalam mengatasi peningkatan jumlah kepadatan penduduk di wilayahnya. Salah satu upayanya adalah dengan membangun perumahan yang layak huni di wilayah pinggiran. Selain itu, pemerintah juga mendorong masyarakat untuk melakukan urban farming dan memanfaatkan lahan kosong yang tersedia untuk bercocok tanam.

Conclusion

Berdasarkan data yang ada, jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung adalah 249 jiwa/km². Peningkatan jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung terjadi karena pertumbuhan penduduk yang tinggi dan potensi ekonomi yang baik. Namun, peningkatan ini juga membawa dampak negatif seperti semakin berkurangnya lahan kosong dan pertanian. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi peningkatan jumlah kepadatan penduduk di Provinsi Lampung.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung