bagaimana dengan nasib hewan-hewan yang hidup di hutan

bagaimana dengan nasib hewan-hewan yang hidup di hutan

 

Bagaimana dengan nasib hewan hewan yang masih hidup di hutan?Dimana hewan hewan tersebut akan tinggal jika hutan telah musnah

Ketika hutan musnah maka hewan di dalamnya akan berpindah tempat. Perpindahan hewan dapat memasuki pemukiman atau kebun warga. Peristiwa tersebut dianggap sebagai binatang pengganggu sehingga diburu. Perburuan liar dapat menyebabkan hewan cepat punah.

 

Pembahasan

Pelestarian flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) digunakan untuk menjaga agar makhluk hidup tersebut tidak punah.

Pelajari lebih lanjut tentang kelompok spesies di:

Pelestarian flora dan fauna tidak hanya melindungi makhluk hidup tersebut tetapi juga melindungi habitat atau wilayah aslinya. Pelestarian flora dan fauna terdapat dua macam cara yaitu pelestarian in situ dan pelestarian ex situ.

Pelajari lebih lanjut tentang persebaran wilayah

Pelestarian ex situ adalah pelestarian makhluk hidup baik flora maupun fauna di luar habitat aslinya. Cara ini dilakukkan karena habitat aslinya rusak sehingga hewan atau tumbuhan kurang dapat bertahan hidup dengan baik. Contoh pelestarian ex situ adalah:

1. Kebun Raya, misalnya di Bogor, Jawa Barat

2. Kebun Binatang, misalnya Ragunan di Jakarta

3. Kebun koleksi Plasma Nutfah

4. Taman Safari, misalnya di Bali

Pelestarian in situ adalah pelestarian makhluk hidup baik flora maupun fauna di dalam habitat aslinya. Contoh pelestarian in situ adalah Taman Nasional, Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Taman Laut.