Sebutkan nilai nilai dasar pancasila

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan nilai nilai dasar pancasila

1. Nilai Ketuhanan

Nilai dasar Pancasila yang pertama adalah nilai Ketuhanan. Nilai yang terdapat pada sila yang pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” mempunyai arti bahwa adanya pengakuan dan keyakinan suatu bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pencipta alam semesta.

2. Nilai Kemanusiaan

Sila yang kedua pada Pancasila adalah “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Nilai kemanusian ini mengandung arti bahwa kesadaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.

3. Nilai Persatuan

Bunyi sila yang ketiga dari Pancasila adalah “Persatuan Indonesia”, ini mengandung arti bahwa bangsa kita harus bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam NKRI. Persatuan Indonesia mengartikan bahwa, dengan perbedaan yang dimiliki masing masing daerah seperti perbedaan suku, ras, agama, warna kulit, bahasa dan masih banyak lagi kita harus tetap bersatu, sesuai dengan semboyan kita “Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

4. Nilai kerakyatan

Bunyi sila keempat pada Pancasila adalah “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”, ini memiliki arti bahwa negara kita menggunakan prinsip demokrasi, pemerintahaan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat yang mana untuk menyelesaikan masalah diselesaikan dengan jalan musywarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan (legislatif seperti DPR).

5. Nilai Keadilan

Sila pancasila yang kelima adalah “Keadilan sosial bagi seluruh rayat Indonesia”, mengandung arti bahwa salah satu tujuan yang hendak dicapai oleh bangsa kita adalah tercapainya masyarakat yang adil dan makmur secara lahiriah maupun batiniah.

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan nilai nilai dasar pancasila Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar