Cara Mudah Menambahkan Subtitle Video di Android & Laptop
Sumber gambar: leskompi

Cara Mudah Menambahkan Subtitle Video di Android & Laptop

Cara Mudah Menambahkan Subtitle Video di Android & Laptop, tentunya jika kamu menonton film luar kamu akan kesusahan saat tidak ada subtitle Indonesia di dalamnya. Untuk itu, kali ini teknohits berikan informasi penting nih untuk kamu yang ingin menambahkan subtitle sendiri pada film paporit kamu di Android dan laptop, Langsung saja kita simak informasi nya dibawah ini.

 

Cara menambahkan subtitle video atau film di smartphone Android

Cara Mudah Menambahkan Subtitle Video di Android & Laptop
Sumber gambar: inwepo

Langkah 1 – Buka aplikasi MX Player

buka aplikasinya dan cari film yang ingin ditonton.

Langkah 2 – Klik Subtitle

Kemudian klik film tersebut, dan pause sejenak. Klik ikon menu di pojok kanan atas lalu pilih menu Subtitle dan klik Open untuk mencari subtitle yang sudah kamu unduh.

Langkah 3 – Cari subtitle film

Cari folder tempat kamu menyimpan file subtitle film tersebut, lalu pilih subtitle-nya. Jika subtitle otomatis tampil di film, maka proses menambahkan subtitle sudah berhasil. Tips dari teknohits, supaya kamu lebih mudah tanpa perlu memasukkan subtitle secara manual, pastikan nama file subtitle dan file video sama persis. Sehingga memungkinkan aplikasi untuk mendeteksi subtitle secara otomatis. Atau, kamu dapat membikin satu folder baru khusus berisi file subtitle dan film tersebut, sehingga mempermudah kamu untuk mencari file subtitle di aplikasi pemutar video yang kamu gunakan.

 

Cara Menambahkan Subtitle Video di PC/Laptop

Cara Menambahkan Subtitle Video di PC/Laptop
Sumber gambar: kuotabro

Selain menonton film di Android, kamu pasti juga sering menontonnya lewat PC/laptop. Namun terkadang subtitle yang sudah kamu unduh tidak terbaca otomatis oleh pemutar film. Untuk cara menampilkan subtitle di PC/laptop, teknohits akan memberikan tiga cara dengan menggunakan software pemutar video VLC Player. Cara menambahkan subtitle film di PC/laptop kali ini Jaka akan memberikan tiga cara yang bisa kamu coba. Seperti berikut ini:

 

1. Cara Pertama

Cara pertama adalah cara yang sangst mudah, namun untuk cara yang ini, teknohits tak menjamin cara ini bisa berhasil 100 % ya, bro. Ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1 – Buka file subtitle

Buka file subtitle film. Supaya lebih mudah menemukannya, satukan file subtitle dengan file film atau video dalam satu folder.

Langkah 2 – Seret file subtitle

Lalu seret file subtitle ke arah pemutar film dan lepaskan. Tunggu sampai ada tulisan Subtitle Track Added yang menunjukkan bahwa file subtitle kamu telah ditambahkan.

 

2. Cara Kedua

Beberapa aplikasi pemutar video telah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkanmu menambahkan subtitle ke dalam video tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 – Tambah subtitle

Pause sejenak film yang kamu tonton, lalu klik kanan di bagian layar. Kemudian pilih Subtitle dan klik Add Subtitle File

Langkah 2 – Masukkan subtitle

Kemudian cari file subtitle terkait, klik pada file subtitle tersebut dan klik Open untuk menambahkannya dalam film. Selesai! Subtitle sudah ditambahkan.

 

3. Cara Ketiga

Nah, kalau kedua cara di atas gak berhasil, maka yang dapat kamu lakukan adalah mengganti nama kedua file dengan nama yang sama. Dengan begitu, file subtitle akan otomatis terbaca saat kamu memutar film.

Langkah 1 – Salin nama file film

Klik kanan pada file film dan klik Rename untuk menyalin nama file. Cukup tekan tombol shortcut Ctrl + C untuk menyalin nama.

Langkah 2 – Rename file subtitle

Setelah menyalin nama file film, klik kanan pada file subtitle lalu klik Rename. Setelah itu tekan tombol shortcut Ctrl+V. Setelah menyamakan nama file film dan subtitle, apabila berhasil maka otomatis subtitle akan tampil pada film yang sudah kamu download tersebut.