salah satu alat musik yang digunakan di era islam adalah

salah satu alat musik yang digunakan di era islam adalah

A. Gitar Gambus
B. gambang
C. gamelan
D. akordeon​

jawaban

Gamelan adalah alat musik yang terbuat dari bahan logam. Gamelan berasal dari Jawa Tengah.
semoga membantu.

Gamelan adalah musik ansambel tradisional Jawa, Sunda dan Bali yang memiliki tangga nada pentatonis dalam tangga nada slendro dan pelog.

Penjelasan:

  • Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa yaitu gamel yang artinya memukul atau menabuh. Berikut penjelasan macam-macam gamelan yaitu :
  1. Gamelan Jawa yaitu instrumen musik yang terdiri atas bonang, demung, saron, gambang, kenong, slenthem, rebab, gong dan kendang. Gamelan Jawa menghasilkan suara yang lembut dan halus yang digunakan untuk mengiringi pergelaran wayang kulit, wayang orang, ketoprak, tariam, upacara, sekaten, perkawinan, khitanan dan keagamaan.
  2. Gamelan Bali adalah instrumen dasar musik yang terdiri atas ugal, gangsa, jublag, jegogan, gong dede, kempur, klenthong, reyong, trompong, kendang, ceng-ceng, suling dan rebab. Gamelan Bali memiliki suara yang  nyaring dengan nada yang cepat dan agak gaduh. Gamelan Bali digunakan saat ritual adat, upacara keagamaan dan pengiring pertunjukan kesenian.
  3. Gamelan Sunda adalah instrumen musik yang terdiri dari suling degung, rebab, kecapi, bonang, kulanter, saron, gambang, jengglong, panerus, kendang dan gong. Gamelan sunda diguanakn sebagai pengiring sinden dengan nada yang mendayu-dayu.