5 Aplikasi Keselamatan Untuk Keadaan Darurat di Android

Hallo guys, apakah kamu pernah mengalami sebuah masalah misalnya seperti tersesat, kecelakaan, bertemu dengan orang jahat, diikuti oleh seseorang atau hal lain yang serupa, atau mungkin berupa ancaman terhadap keselamatan lewat panggilan telpon. Maka dari itu teknohits memberikan 5 Hallo guys, apakah kamu pernah mengalami sebuah masalah misalnya seperti tersesat, kecelakaan, bertemu dengan orang jahat, berikut aplikasi keselamatan Untuk Keadaan Darurat di Android, yuk disimak baik baik.

 

1. Smart Safe and Sound Panic Button

Smart Safe and Sound Panic Button
Sumber gambar: jalan tikus

Aplikasi Darurat Android yang pertama yaitu Smart Safe and Sound. Dengan tampilan serba biru yang menenangkan jiwa (menurut filosofi warna), aplikasi yang satu ini memberikan beragam fitur seperti panggilan palsu untuk menipu orang jahat yang sedang berusaha berinteraksi dengan kita, alarm ekstra berisik untuk menarik perhatian ketika dalam bahaya, dan tentunya panggilan darurat ke kerabat.

Untuk mulai menggunakan fitur-fitur di aplikasi ini, hal yang pertama kamu lakukan yaitu dengan download dulu aplikasinya dan perhatikan terlebih dahulu ikon-ikon yang ditampilkan pada halaman utama aplikasi ini. Setelah itu, kamu wajib tambahin kontak orang lain/kerabat yang ingin kamu minta bantuannya dengan melakukan swipe dari sisi kanan layar ke arah kiri untuk membuka bagian tambah kontak.

Pada bagian tersebut kamu akan diminta untuk memasukkan nama orang lain/kerabat kamu beserta nomor ponsel kamu dan juga email bila mau. Kemudian pilih jenis notifikasi yang akan kamu kirimkan ke orang tersebut seperti SMS, telepon, atau email.

Setelah selesai menambahkan kontak, kamu sudah bisa mencoba fitur-fiturnya dimulai dari fitur Alert. Untuk memakai fitur Alert, kamu tinggal tap pada ikon yang berada paling kiri dari daftar ikon. Lalu ketika pop-up muncul, tinggal pilih Yes dan aplikasi ini akan mengirim peringatan darurat ke kontak yang sudah kamu tambahkan tadi sehingga dia tahu bahwa kamu sedang membutuhkan bantuan.

Setelah fitur Alert, jangan lupa coba juga fitur Fake Call. Tinggal masukkan nama dan nomor palsu yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menentukan apakah akan menerima Fake Call saat itu juga atau menerima Fake Call beberapa menit kemudian.

 

2. bSafe – Personal Safety

bSafe - Personal Safety
Sumber gambar : suara.com

Sesuai dengan namanya, bSafe adalah sebuah aplikasi keselamatan Android yang fungsi utamanya yaitu untuk keselamatan pribadi seseorang dengan menawarkan beragam fitur yang nggak kalah oke dibanding aplikasi serupa. Aplikasi keamanan Android ini menawarkan fitur Fake Call, Stop Timer (fitur untuk memberitahukan berapa lama lagi kamu akan tiba di suatu tempat pada temanmu), dan Follow Me yang memungkinkan orang lain mengikuti kamu untuk mencari tahu keberadaanmu.

Untuk mulai memakai aplikasi keselamatan Android ini, kamu harus daftar terlebih dahulu dan mengisi data-data yang diperlukan. Biar lebih gampang, tinggal daftar pakai Facebook saja. Kemudian lanjut ke bagian isi data kamu. Isi nama, nomor telepon kamu, dan verifikasi nomor telepon kamu, serta masukkan email yang akan kamu gunakan untuk aplikasi ini. Jangan lupa masukkan foto dan pilih gender sesuai gender asli kamu kemudian pilih Create Profile.

 

3. ICE Personal Safety App

ICE Personal Safety App
Sumber gambar: jalan tikus

Aplikasi keselamatan Android yang satu ini memberikan sebuah fitur yang sedikit berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya. Selain fitur Follow Me dan Emergency Call, ICE Personal Safety App kasih fitur yang memungkinkan kamu untuk mencari lokasi kantor polisi dan rumah sakit terdekat. Penasaran seperti apa? Check this out!!

Saat pertama kali kamu membuka aplikasi darurat Android ini, kamu akan melihat halaman utama dengan beragam pilihan fitur seperti Sharing Lokasi, Emergency Call, Nearest Police Station, dan Nearest Hospital yang menjadi senjata utama aplikasi ini.

Berikutnya, kamu dapat mencoba satu per satu fitur yang sediakan. Jika saya sih, mulai dari fitur Sharing Location dulu. Selain untuk membagikan lokasi kamu ke kontak yang kamu pilih, kamu juga bisa menambahkan pesan loh, misalnya pesan kalau kamu sedang sekarat atau lainnya.

Kamu juga dapat melakukan sebuah panggilan darurat dengan fitur Emergency Call. Tapi jangan lupa, masukkan dulu kontak yang akan kamu hubungi untuk panggilan darurat. Butuh bantuan polisi? Langsung aja cek kantor polisi terdekat melalui bagian Nearest Police Station. Kamu juga bisa mengecek rumah sakit terdekat melalui fitur Nearest Hospital. Kamu juga bisa memandu teman kamu untuk mengikuti kamu melalui fitur Follow Me dan sertakan pesan bila perlu. Jika sudah, kirim lokasi dan pesan kamu melalui email, pesan atau BBM juga bisa.

 

4. Telepon Darurat

Aplikasi keselamatan Android lokal karya Gulajava Ministudio ini dibuat cumw untuk akses melalui lokasi di Indonesia saja. Pada aplikasi ini, kamu dapat menemukan berbagai nomor telepon darurat yang dapat kamu hubungi ketika kamu memerlukan bantu seperti ketika mengalami kecelakaan atau butuh bantuan keamanan polisi. Meskipun tampilannya sederhana dan tidak mempunyai berbagai atau bahkan banyak fitur, jumlah nomor telepon yang ada pada aplikasi ini menurut saya sudah cukup bisa memenuhi kebutuhan keselamatan.

Pada halaman utama aplikasi ini, kamu tinggal memilih saja pihak mana yang akan kamu telepon. Kamu bisa memilih menelepon polisi, Palang Merah Indonesia, panggilan darurat, dan bahkan tim SAR.

 

5. X-Igent Panic Button

X-Igent Panic Button
Sumber gambar: techno.id

X-Igent Panic Button adalah sebuah aplikasi keselamatan Android lokal dari Idea Plus Indonesia yang pula bekerjasama dengan Telkom dan pemerintah salah satu daerah di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan banyak sekali fitur seperti Kantor Polisi, Bengkel, Pemadam, dan SPBU serta masih banyak lagi. Saat pertama kali memaksi aplikasi ini, kamu akan diwajibkan untuk melakukan login dan menambahkan kontak orang yang nantinya akan menerima panggilan darurat dari kamu.