Keuntungan yang Kamu Dapat Setelah Melakukan Root
Sumber gambar: jalan tikus

5 Keuntungan yang Kamu Dapat Setelah Melakukan Root

Sebelumnya Mimin sudah menjelaskan beberapa aplikasi yang wajib kamu download saat kamu selesai melakukan rooting di ponsel kamu, dan kali ini teknohits akan kembali memberikan informasi tentang keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah melakukan rooting terhadap smartphone kamu, yuk langsung aja kita bahas dibawah ini.

 

1. Hapus Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan atau disebut juga sebagai bloatware yaitu sebuah aplikasi bawaan sistem yang disematkan vendor pada smartphone Android kita. Dampaknya, tentu smartphone kamu jadi mempunyai jatah ruang penyimpanan yang lebih sempit dari semestinya. Nih, dengan melakukan root Android, maka kamu dapat menghapus bloatware ini dengan mudah. Jadi memori Android kamu pun lebih lega.

 

2. Backup dan Restore Semua Aplikasi

salah satu cara untuk menjaga performa Android adalah dengan rutin melakukan Factory Reset. Nih, bakal repot jika setiap habis Factory Reset harus instal ulang semua aplikasi, makanya mending backup pake Titanium Backup. Untuk lakukan backup dan restore semua aplikasi Android kamu dengan Titanium Backup kamu wajib mempunyai akses root, makanya penting sekali root Android itu agar mudah melakukan backup dan restore. Tak cuma aplikasi yang terinstal, kamu bisa backup log panggilan, WiFi, dan semua sistem data di Android kamu.

 

3. Pasang Custom Recovery

Semua smartphone Android pasti disusupi Recovery Mode yang akan memudahkan kamu untuk lakukan berbagai perintah khusus pada sistem Android kamu. Tapi Recovery Mode bawaan sistem sangat terbatas, makanya kamu sebaiknya menggunakan Custom Recovery.

Lewat Custom Recovery kamu jadi dapat dengan mudah memasang aplikasi sistem, melakukan perubahan sistem dan lain sebagainya. Banyak Custom Recovery yang mungkin sudah sering kamu dengar, seperti TWRP, Phillz Recovery, CWM, dan lainnya. Dan kamu butuh akses root untuk memasang custom recovery di Android kamu.

 

4. Custom ROM

Bosan dengan Android kamu yang lama karena tampilannya gitu-gitu aja dan udah gak dapat dukungan update sistem operasi terbaru lagi? Kamu bisa gunakan Custom ROM untuk merasakan pengalaman menggunakan ROM smartphone lain di Android kamu. Dengan Custom ROM, kamu tak cuma akan dapat tampilan baru, tapi juga dapat memakai sistem operasi terbaru (sesuai ROM), hingga fitur sistem yang dibawa oleh Custom ROM yang kamu gunakan. Untuk bisa menggunakan Custom ROM, Android kamu harus sudah root dan terpasang Custom Recovery.

VIRAL :  Fitur Fitur Menarik Telegram yang Tidak Dimiliki Whatsapp

 

5. Kontrol Kernel dan CPU

Dengan melakukan root pada Android kamu, nantinya kamu jadi dapat lakukan overclok CPU smartphone kamu. Overclock berarti memaksa prosesor untuk beraktivitas di atas kemampuannya, berjalan lebih cepat daripada spesifikasi default yang dibekalkan oleh vendor. Apa keuntungan overclock CPU? Yang pasti Android kamu jadi lebih cepat performanya. Bahkan dengan mengontrol Kernel, kamu bisa membuat smartphone Android kamu lebih hemat baterai dan RAM.