Organ Organ Penyusun Sistem Pencernaan

Pengenalan

Hello Sobat Teknohits! Apa kabar kamu hari ini? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang organ-organ penyusun sistem pencernaan. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem penting dalam tubuh yang berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Nah, mari kita simak lebih lanjut tentang organ-organ yang menyusun sistem pencernaan.

Mulut

Mulut merupakan organ pertama yang terlibat dalam proses pencernaan. Di dalam mulut terdapat gigi dan lidah yang berfungsi untuk mengunyah dan menggerakkan makanan. Selain itu, di dalam mulut juga terdapat kelenjar ludah yang berfungsi untuk menghasilkan air ludah yang membantu proses pencernaan.

Kerongkongan

Setelah makanan dikunyah, maka makanan akan masuk ke dalam kerongkongan. Kerongkongan merupakan saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung. Di dalam kerongkongan terdapat otot yang berfungsi untuk mendorong makanan menuju lambung.

Lambung

Lambung merupakan organ yang berbentuk seperti kantong yang berfungsi untuk mencerna makanan. Di dalam lambung terdapat asam lambung dan enzim pencernaan yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan. Selain itu, di dalam lambung juga terdapat sel-sel yang menghasilkan lendir yang membantu melindungi dinding lambung dari asam lambung.

Usus Halus

Setelah makanan dicerna di dalam lambung, maka makanan akan masuk ke dalam usus halus. Usus halus merupakan organ yang panjangnya mencapai 6-7 meter yang terdiri dari tiga bagian yaitu duodenum, jejenum, dan ileum. Di dalam usus halus terdapat enzim pencernaan dan kelenjar yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan.

Usus Besar

Setelah makanan melewati usus halus, maka makanan akan masuk ke dalam usus besar. Usus besar merupakan organ yang berfungsi untuk menyerap air dan garam mineral dari sisa makanan yang tidak dicerna. Di dalam usus besar terdapat bakteri baik yang membantu proses pencernaan dan juga membantu menjaga kesehatan usus.

Rektum

Rektum merupakan bagian terakhir dari sistem pencernaan yang berfungsi sebagai tempat penampungan sisa makanan yang akan dikeluarkan dari tubuh. Di dalam rektum terdapat otot-otot yang membantu mengeluarkan sisa makanan tersebut dari tubuh.

Hati

Hati merupakan organ yang berfungsi untuk memproduksi empedu yang membantu proses pencernaan. Empedu sendiri merupakan cairan yang diproduksi oleh hati dan disimpan di dalam kantung empedu. Empedu ini akan dikeluarkan saat makanan masuk ke dalam usus halus untuk membantu proses pencernaan.

Pankreas

Pankreas merupakan organ yang berfungsi untuk menghasilkan enzim pencernaan dan insulin. Enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas akan membantu proses pencernaan di dalam usus halus. Sedangkan insulin yang dihasilkan oleh pankreas berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Kesimpulan

Itulah organ-organ penyusun sistem pencernaan yang sangat penting bagi tubuh kita. Semua organ tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam proses pencernaan makanan. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan organ-organ tersebut dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan melakukan olahraga secara teratur. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Organ Organ Penyusun Sistem Pencernaan