Beberapa Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi

Jika kamu benar benar gak mau jika ada orang tahu file rahasia kamu di smartphone, kamu jika melakukan cara dengan sembunyikan aplikasi bawaan di HP, kamu bisa mengikuti cara aplikasi OPPO, vivo, dan merek HP Android lainnya berikut ini!

 

1. Buka Google Play Store

Langkah Pertama, kamu harus pergi ke aplikasi Google Play, lalu kamu ketuk ikon hamburger di bagian kiri atas layar. Di sini kamu tinggal geser ke bawah, lalu pilih opsi Help & feedback.

 

2. Pergi ke Menu Manajemen Aplikasi Android

Setelah itu, kamu akan dibawa ke laman khusus. Di sana kamu tinggal memilih opsi Ketuk untuk pergi ke Pengaturan Aplikasi untuk dialihkan ke laman manajeman aplikasi Android seperti berikut. Pilih aplikasi bawaan yang hendak kamu sembunyikan, sebagai contoh Jaka bakal menyembunyikan aplikasi Google Duo, bro.

 

3. Pilih Opsi Disable

Pada laman informasi aplikasi Google Duo, kamu cuma perlu ketuk tombol Disable. Bila muncul kotak peringatan seperti ini, kamu tinggal pilih OK. Perlu diingat, metode menyembunyikan aplikasi dengan opsi Disable akan menghapus semua versi update yang pernah kamu download.

 

4. Kembalikan Aplikasi yang Disembunyikan

Untuk membalikan aplikasi dengan metode ini, kamu cukup ikuti langkahnya dari awal dan pilih Enable. Maka aplikasi bakal kembali muncul pada app drawer, namun kamu harus download update terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya kembali.

 

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Sementara itu, untuk para kamu pengguna HP Xiaomi kamu juga bisa menikmati fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi yang terdapat pada antarmuka MIUI. Untuk mengakses dan lakukan pengaturannya pun terbilang cukup mudah, di mana kamu tinggal ikuti cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi seperti berikut ini.

 

1. Buka Settings dan Pilih App Lock

Kamu tinggal membuka menu Settings pada HP Xiaomi kamu laly geser ke bagian bawah hingga kamu menemukan opsi App Lock seperti berikut ini,.

2. Aktifkan App Lock di MIUI

Fitur App Lock pada MIUI ini memungkinkanmu mengunci atau menyembunyikan hingga 12 aplikasi, lho. Bila kamu baru pertama kali mengaktifkannya, kamu tinggal ketuk Turn On. Setelah itu kamu tinggal atur pola yang berfungsi sebagai kunci dan kemudian tambahkan Mi Account yang kamu gunakan pada HP Xiaomi dengan ketuk Add.

3. Sembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Lalu kamu tinggal pilih tab Hidden Apps yang ada di bagian atas untuk menyembunyikan aplikasi dari app drawer MIUI. Aktifkan dengan cara geser toogle pada aplikasi yang hendak kamu sembunyikan. Cara menyembunyikan aplikasi Xiaomi sudah selesai. Mudah banget, kan?

4. Tampilkan Aplikasi yang Disembunyikan di Xiaomi

Untuk akses aplikasi yang kamu sembunyikan di HP Xiaomi, pada app drawer kamu tinggal buat gestur layaknya melakukan zoom in pada gambar. Berikutnya kamu akan diminta memasukkan pola yang tadi sudah dibuat untuk dapat mengakses aplikasi yang disembunyikan. Untuk menampilkan kembali aplikasi, kamu cukup ikuti langkah penggunaan App Lock seperti di atas dan nonaktifkan toogle aplikasi pada tab Hidden Apps,