bentuk pemerintahan negara vietnam adalah

bentuk pemerintahan negara vietnam adalah

jawab

Vietnam merupakan salah satu negara yang berada di Asia Tenggara. Vietnam memiliki bentuk pemerintahan Republik dengan dipimpin oleh satu pemimpin yakni presiden.

Pembahasan

Vietnam adalah negara dengan sistem komunis yang kental di Asia Tenggara. Vietnam terletak di paling timur dari semenanjung IndoChina di daerah Asia Tenggara. Maka dari itu, Vietnam memiliki beberapa perbatasan negara, yakni:

  • Perbatasan di utara adalah Negara China.
  • Perbatasan di barat laut adalah Negara Laos.
  • Perbatasan di barat daya adalah Negara Kamboja.
  • Perbatasan di timur adalah adalah Laut China Selatan.

Vietnam memiliki jumlah penduduk lebih dari 87 juta jiwa. Selain itu, Vietnam memiliki luas wilayah sebesar 331.688 km2. Hal tersebut membuat Negara Vietnam menjadi negara terpadat ke 13 di dunia.

Wilayah negara Vietnam terdiri dari perbukitan, hutan dan pegunungan. Daerah Vietnam didominasi dengan pegunungan sebesar 40%, hutan tropis sebesar 42%, dan sisanya adalah dataran rendah dan pantai.

Sistem pemerintahan Vietnam berbentuk republik dengan dipimpin oleh satu kepala negara. Namun Vietnam merupakan salah satu negara yang memiliki partai tunggal, yakni partai komunis. Sebagian besar anggota pemerintahan Vietnam berasal dari partai komunis tersebut.