Tahukah Kamu Kenapa HP China Bisa Menguasai Dunia? Ini Alasannya

Sesuai dengan judulnya, teknohits akan membahas tentang Alasan Smartphone asal China yang berhasil menguasai pasar dunia, ternyata ada berbagai faktor yang mempengaruhi lho, untuk itu yuk langsung saja kita bahas bersama dibawah ini. Apa sih alasan yang membuat China sukses jadi raja ponsel di dunia.

 

1. Murah

Tak dapat dipungkiri lagi jika sebagian besar smartphone China harganya terbilang sangat murah. Banyak dari smartphone China atau HP china mempunyai harga yang jauh lebih murah dan jauh lebih terjangkau dibandingkan smartphone lainnya. Misalnya saja seperti Huawei Honor 7 harga Rp 5 jutaan memiliki spesifikasi yang sama seperti HTC One M9 harga Rp  8 jutaan.

 

2. Spesifikasi Tinggi

Bila berbicara smartphone dengan spesifikasi tinggi tentu saja kamu akan berpikir harga yang mahal dan mungkin lebih dari 10 juta rupiah. Namun, smartphone China justru akan membuatkan sebuah smartphone dengan spesifikasi tinggi tetapi dengan harga yang murah. Spesifikasi tinggi misalnya kamera yang bagus, performa yang maksimal, bahkan baterai dengan ukuran besar sehingga smartphone Android tahan lama.

 

3. Produsen Lebih Mengutamakan Pengguna

Cuma sekedar untuk pembanding saja, jika kamu melihat iPhone, Samsung, dan LG semuanya saling bersaing untuk mendapatkan konsumen dengan memberikan smartphone super lengkap tetapi harganya menjadi sangat mahal. Tetapi kalau kamu perhatikan smartphone China seperti Lenovo, Huawei, Xiaomi, dan lainnya justru mereka lebih mengutamakan kepentingan pengguna. Mereka menyediakan yang diperlukan pengguna. Memang tak akan bagus di semua elemen tetapi justru dengan berfokus pada salah satu elemen misalnya kamera atau baterai membuat smartphone ini menjadi pilihan tersendiri untuk pengguna smartphone Android. Saya rasa poin ini juga menjadi salah satu tolak ukur mengapa Google menggandeng Huawei untuk membuat salah satu produk Nexusnya yaitu Nexus 6P.

 

4. Tampilan Lebih bagus

Bila kamu memperhatikan beberapa smartphone yang dari China sukses menembus pasaran memiliki tampilan yang menarik atau justru unik. Contohnya Huawei dengan Huawei Mate 8, dengan tampilan yang sangat elegan. Lalu ada lagi OnePlus dengan case belakang yang unik dan mungkin tidak pernah ditemui di smartphone Android lainnya. Tampilan ini juga menjadi salah satu faktor yang dapat digunakan untuk merebut hati pengguna smartphone Android.

 

5. Kebebasan

Kebebasan dalam hal tersebut bersifat seperti kamu bebas meng-update memori eksternal dengan adanya slot memori eksternal, selanjutnya adanya Dual SIM sehingga kamu bebas menggunakan lebih banyak kartu. Serta biasanya memiliki launcher yang berbeda dengan smartphone lain untuk memberikan kebebasan kepada pengguna dalam mengubah-ubah tampilan smartphone seperti yang biasa digunakan.