Temuan Berbagai Benda pada Zaman Praaksara Dinamakan

Hello Sobat Teknohits! Pada zaman praaksara, manusia hidup berdampingan dengan alam dan belajar memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya. Dari sini, lahir berbagai macam benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang temuan berbagai benda pada zaman praaksara yang dinamakan.

1. Alat-alat Batu

Alat-alat batu merupakan salah satu temuan terpenting pada zaman praaksara. Manusia purba menggunakan batu sebagai alat pemotong, alat memasak, alat perburuan, dan masih banyak lagi. Alat-alat batu ini terbuat dari batu yang diolah dengan teknik tertentu agar memiliki bentuk dan kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan manusia.

2. Gerabah

Gerabah adalah temuan berikutnya pada zaman praaksara. Manusia purba membuat wadah dari tanah liat yang kemudian dibakar hingga mengeras. Wadah-wadah gerabah ini digunakan untuk menyimpan makanan, minuman, dan barang-barang lainnya. Gerabah juga sering dihias dengan motif-motif yang indah sehingga menjadi seni tersendiri.

3. Logam

Manusia praaksara mulai mengenal logam sejak sekitar 5000 SM. Logam pertama yang dikenal adalah tembaga. Kemudian, manusia mulai mengenal dan menggunakan logam lain seperti emas, perak, dan besi. Logam digunakan untuk membuat senjata, perhiasan, dan alat-alat lainnya. Ini menjadi tonggak awal bagi perkembangan teknologi manusia.

4. Senjata

Selain alat-alat pemotong, manusia praaksara juga mulai membuat senjata untuk melindungi diri dari ancaman binatang buas dan musuh. Senjata yang ditemukan pada zaman praaksara antara lain tombak, panah, dan lembing. Senjata ini terbuat dari batu atau logam.

5. Arca

Arca adalah temuan berikutnya pada zaman praaksara. Arca adalah patung atau relief yang dibuat dari batu, kayu, atau logam. Arca sering digunakan sebagai bentuk penghormatan kepada dewa atau leluhur. Arca juga sering dihias dengan motif-motif yang indah sehingga menjadi seni tersendiri.

6. Alat Musik

Manusia praaksara juga mulai mengenal alat musik. Alat musik yang ditemukan pada zaman praaksara antara lain suling, gendang, dan kethuk. Alat musik ini digunakan untuk mengiringi tarian dan upacara keagamaan.

7. Alat Penyinaran

Manusia praaksara menggunakan alat penyinaran untuk menerangi tempat tinggal dan ruang-ruang lainnya. Alat penyinaran yang ditemukan pada zaman praaksara antara lain lampu minyak dan lilin. Alat penyinaran ini dibuat dari tanah liat, batu, atau logam.

8. Kain

Kain adalah temuan berikutnya pada zaman praaksara. Manusia purba membuat kain dari serat tumbuhan atau serat hewan seperti kapas atau sutra. Kain digunakan untuk membuat pakaian, selimut, dan kain-kain lainnya.

9. Alat Pertanian

Manusia praaksara mulai menggunakan alat pertanian untuk membantu mereka dalam bercocok tanam. Alat pertanian yang ditemukan pada zaman praaksara antara lain cangkul, sabit, dan bajak. Alat pertanian ini terbuat dari kayu atau logam.

10. Kapal

Manusia praaksara juga mulai mengenal kapal untuk berlayar di laut. Kapal yang ditemukan pada zaman praaksara terbuat dari kayu dan digunakan untuk berburu ikan atau berdagang dengan negara lain. Kapal juga digunakan untuk menjelajahi wilayah-wilayah yang belum pernah dijelajahi sebelumnya.

11. Pahat Batu

Manusia praaksara juga membuat pahat batu untuk memahat batu-batu besar menjadi bentuk-bentuk tertentu. Pahat batu ini digunakan untuk membuat arca atau bangunan-bangunan besar seperti candi.

12. Keramik

Keramik adalah temuan berikutnya pada zaman praaksara. Keramik dibuat dari tanah liat yang diolah dengan teknik tertentu dan kemudian dibakar hingga mengeras. Keramik digunakan untuk membuat wadah-wadah seperti mangkuk, piring, dan teko.

13. Perahu

Perahu adalah temuan berikutnya pada zaman praaksara. Perahu terbuat dari kayu dan digunakan untuk berlayar di sungai atau danau. Perahu digunakan untuk berburu ikan atau berdagang dengan negara lain.

14. Alat Pemotong Kayu

Manusia praaksara membuat alat pemotong kayu untuk membantu mereka dalam membuat bangunan-bangunan besar seperti candi. Alat pemotong kayu ini terbuat dari batu atau logam dan digunakan untuk memotong kayu menjadi bentuk-bentuk tertentu.

15. Alat Penggiling

Manusia praaksara juga membuat alat penggiling untuk membantu mereka dalam mengolah bahan makanan. Alat penggiling ini terbuat dari batu dan digunakan untuk menggiling biji-bijian seperti jagung atau gandum menjadi tepung.

16. Alat Penangkap Ikan

Manusia praaksara membuat alat penangkap ikan untuk membantu mereka dalam berburu ikan. Alat penangkap ikan yang ditemukan pada zaman praaksara antara lain jala, jerat, dan pancing.

17. Alat Penangkap Hewan

Manusia praaksara juga membuat alat penangkap hewan untuk membantu mereka dalam berburu binatang. Alat penangkap hewan yang ditemukan pada zaman praaksara antara lain jebakan dan jerat.

18. Kapak Batu

Kapak batu adalah temuan berikutnya pada zaman praaksara. Kapak batu digunakan untuk memotong kayu atau benda-benda lainnya. Kapak batu terbuat dari batu yang diolah dengan teknik tertentu agar memiliki bentuk dan kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan manusia.

19. Pena

Manusia praaksara membuat pena dari bulu burung atau bulu binatang lainnya. Pena digunakan untuk menulis pada benda-benda seperti kulit atau kayu. Pena juga digunakan untuk membuat lukisan atau gambar pada dinding atau batu-batu besar.

20. Alat Pemanggang

Alat pemanggang adalah temuan terakhir pada zaman praaksara. Alat pemanggang digunakan untuk memasak makanan seperti daging atau ikan. Alat pemanggang terbuat dari batu atau logam dan dibakar dengan kayu atau arang.

Kesimpulan

Temuan berbagai benda pada zaman praaksara dinamakan merupakan bukti bahwa manusia purba memiliki kemampuan dan kecerdasan yang luar biasa dalam memanfaatkan sumber daya alam. Temuan berbagai benda tersebut menjadi tonggak awal bagi perkembangan teknologi manusia hingga saat ini.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Teknohits!

Temuan Berbagai Benda pada Zaman Praaksara Dinamakan