Mau Beli HP Baru Atau Bekas? Kamu Wajib Uji Memakai 5 Aplikasi Ini

Umumnya, masyarakat akan tergiur hp baru sekitar 6 bulan atau satu tahun maka mereka akan mengganti smartphone mereka dengan hp baru atau bahkan hp bekas, nah jika kamu ada diantaranya, kamu wajib nih memakai beberapa aplikasi dibawah ini untuk menguji apakah hp yang kamu beli benar benar berfungsi dengan baik ataukah tidak.

 

1. AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark
Sumber gambar: AnTuTu Benchmark

AnTuTu merupakan sebuah aplikasi benchmark atau penguji kinerja gadget yang paling populer dan banyak digunakan. AnTuTu mempunyai sebuah kemampuan untuk menguji kinerja komputasi hardware di dalam smartphone atau tablet, terutama berbasis Android. AnTuTu punya beberapa pengujian di dalamnya. Selain menguji prosesor, aplikasi ini juga dapat menguji kinerja RAM, storage, serta GPU (grafis).

 

2. GeekBench

GeekBench
Sumber gambar: apk pure

Sama halnya kayak AnTuTu, GeekBench adalah sebuah aplikasi benchmark untuk menguji kinerja komputasi prosesor dari sebuah perangkat Android. Di dalamnya, GeekBench memiliki dua metode pengujian, yaitu untuk menguji perangkat dengan prosesor single-core dan multi-core.

 

3. 3DMark Ice Storm

3DMark Ice Storm
Sumber gambar: steam

Pengujian prosesor tak lengkap rasanya bila enggak dibarengi dengan pengujan GPU atau grafis. Untuk itu, kamu dapat memakai 3DMark Ice Storm untuk mengetahui seberapa kencang perangkat yang akan kamu beli untuk menjalankan game berat. 3DMark Ice Storm memiliki dua jenis pengujian, yakni 3DMark Ice Storm Extreme untuk menguji perangkat entry-level dan kelas menengah, serta 3DMark Ice Storm Unlimited untuk menguji perangkat kelas atas.

 

4. layar LCD

Jangan cuma menguji kinerja prosesor dan hardware lainnya. Saat kamu membeli smartphone atau tablet baru, kamu juga perlu memerhatikan layar LCD apakah masih berfungsi normal atau sudah mengalami tanda-tanda kerusakan. Untuk itu, kamu dapat memakai aplikasi Dead Pixel Test ini untuk melihat apakah layar smartphone atau tablet memiliki bintik kecil atau kebocoran pada layarnya.

 

5. CPU Temperature

CPU Temperature
Sumber gambar: apk pure

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan pengguna Android yaitu suhu panas yang dihasilkan oleh perangkat. Untuk itu, kamu bisa menguji apakah smartphone atau tablet yang hendak kamu beli cepat mengeluarkan hawa panas atau tidak. Aplikasi ini akan menunjukkan berapa derajat suhu prosesor secara real-time.