Kenapa HP Kamu Harus Di Root? Begini Alasannya

Kenapa HP Kamu Harus Di Root? Begini Alasannya

Perusahaan ponsel umumnya mengunci bootloader smartphone Android besutannya dengan tujuan untuk mencegah agar pengguna tidak bisa masuk terlalu dalam ke sistemnya. Hal tersebut demi melindungi supaya smartphone yang kamu pakai tak mengalami kerusakan sistem karena tindakan ceroboh. Tapi tidak dapat dipungkiri, jika dengan melakukan root Android maka kamu dapat lakukan sebuah hal untuk memaksimalkan fungsi Android.

 

Alasan Utama Hp kamu harus di root

1. Menghindari Wakelock

Wakelock merupakan sebuah keadaan dimana sistem terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang terus menerus berjalan di background. Beberapa aplikasi bawaan sistem selalu menyebabkan kondisi ini. Dampak dari ini, Android kamu akan menjadi boros baterai dan RAM karena terdapat aplikasi yang memakai resource smartphone kamu walaupun sedang tak dipakai. Alasan kenapa Android harus di-root adalah untuk menghindari hal seperti ini, yakni dengan menggunakan aplikasi seperti Greenify yang akan membuat aplikasi masuk ke mode hibernasi saat tidak digunakan.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang jadi penyebab Wakelock, kamu dapat memakai aplikasi Wakelock Detector. Cara menggunalkan Wakelock Detector dapat kamu baca di artikel Cara Mengetahui Aplikasi Apa Saja yang Menghabiskan Baterai Smartphone.

 

2. Mengedit Build.prof

Salah satu cara untuk memaksimalkan kinerja smartphone android Android kamu yaitu dengan cara mengedit file build.prop yg terletak di /system/build.prop. Direktori ini hanya bisa diakses dengan menggunanakan file manager yang dilengkapi kemampuan untuk mengakses direktori root, seperti Root Explorer. Di build.prof, kamu bisa mengubah tampilan About, melakukan tweak baterai, memori, dan lainnya lagi untuk memaksimalkan kinerja Android kamu.

 

3. Menghemat Tombol Power

Dengan kamu melakukan root Android, kamu dapat menghemat tombol Power Android menggunakan aplikasi Quick Reboot. Kenapa tombol Power Android harus dihemat? Pasalnya selain untuk menyalakan dan mematikan smartphone, tombol Power Android memiliki banyak fungsi lain. Baca aja artikel 8 Fungsi Tombol Power di Android yang MUNGKIN Tidak Kamu Ketahui.

VIRAL :  Huawei Sudah, Sekarang AS incar Honor untuk di Blacklist

DAFTAR ISI