dibawah ini merupakan simbol dalam flowchart untuk menyatakan

dibawah ini merupakan simbol dalam flowchart untuk menyatakan

jawaban

Simbol-simbol flowchart beserta fungsinya dapat dilihat pada lampiran gambar.

Pembahasan

Dalam menyelesaikan sebuah masalah tertentu, biasanya akan digunakan algoritma yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu pemanfaatan algoritma dibidang teknologi informasi adalah pembuatan cara kerja program. Penulisan algoritma biasanya ditulis dalam bentuk kode semu(pseudocode) atau dalam bentuk diagram alir(flowchart). Dalam membuat flowchart, tentu terdapat simbol-simbol tertentu yang memiliki fungsi yang berbeda antara satu simbol dengan simbol yang lain. Pada dasarnya, bentuk flowchart dasar yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Simbol terminator, merupakan simbol berbentuk persegi panjang dengan sisi tegak/vertikal sedikit membulat dan memiliki fungsi untuk mengawali dan mengakhiri program.
  2. Simbol preparation, merupakan simbol berbentuk segienam dan memiliki fungsi untuk menginisialisasi variabel awal yang akan dipakai dalam program tersebut.
  3. Simbol process, merupakan simbol berbentuk persegi panjang yang digunakan dalam proses pengolahan dan perhitungan tertentu. Simbol ini sering digunakan dalam membuat dan menentukan nilai persamaan matematis.
  4. Simbol input/output data, merupakan simbol berbentuk jajargenjang yang memiliki fungsi untuk meminta nilai masukan(input) dan menampilkan nilai keluaran(output).
  5. Simbol decision, merupakan simbol berbentuk belah ketupat yang memiliki fungsi dalam pengambilan keputusan dan biasanya memberikan pilihan “benar” dan “salah”.
  6. Simbol predefine process, merupakan simbol berbentuk persegi panjang lalu dibagi menjadi 3 bagian dengan area samping kiri dan kanan besarnya sama dan bagian tengah memiliki luas paling besar. Simbol ini dipakai dalam membuat sebuah procedure atau sub program.
  7. Simbol one-page connector, merupakan simbol berbentuk lingkaran yang digunakan untuk menyambungkan diagram namun masih dalam halaman yang sama.
  8. Simbol off-page connector, merupakan simbol berbentuk persegi panjang dengan sisi alas meruncing seperti segitiga dan digunakan untuk menyambungkan diagram dengan halaman yang berbeda.
  9. Simbol flow line, merupakan simbol berbentuk anak panah yang berfungsi untuk menunjukkan arah/alur dari program.

Dalam pembuatan flowchart, penggunaan simbol-simbol ini tentu harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan mengenai pemahaman alur program/algoritma sehingga flowchart yang dibuat mudah dipahami dan benar penulisannya. Simbol-simbol flowchart lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran gambar.