Struktur pada laring yang berfungsi untuk mencegah masuknya partikel

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Struktur pada laring yang berfungsi untuk mencegah masuknya partikel

Stuktur pada laring yang berfungsi untuk mencegah masuknya partikel makanan atau minuman ke dalam laring dan trakea adalah C. Epiglotis.  

Pembahasan

Epiglotis merupakan katup yang akan menutup saluran nafas sehingga makanan dapat masuk kerongkongan dengan lancar. Sebaliknya, katup tersebut akan terbuka ketika seseorang bernapas, sehingga udara dapat melewati tenggorokan dan masuk paru-paru.

Epiglotis tersusun atas tulang rawan elastis yang ditutupi dengan selaput lendir yang terletak di pintu masuk laring (kotak suara) dan dasar lidah. Epiglotis memiliki bentuk seperti daun. Kata glotis diartikan sebagai penjaga pintu masuk (pembukaan antara pita suara). Mekanisme kerja epiglotis dikendalikan oleh dua set otot intrinsik dan ekstrinsik yang bertanggung jawab untuk gerakan laring. Otot intrinsik mengendalikan pita suara dan berbicara, sementara otot ekstrinsik mengontrol struktur laring dan lipatan epiglotis. Ketika bernapas dan melakukan aktivitas normal, epiglotis tetap dalam posisi tegak dan memungkinkan udara untuk melewati laring dan ke trakea dan paru-paru.

Pelajari lebih lanjut  

—————————–

 

Detil jawaban  

Kelas: VIII SMP

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Pencernaan Pada Manusia

Kode: 8.4.7


#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Struktur pada laring yang berfungsi untuk mencegah masuknya partikel Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar