Apa yang dimaksud dengan bernapas

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa yang dimaksud dengan bernapas

Bernafas adalah proses mengambil dan menghembuskan udara. Udara yang dibutuhkan dalam bernafas adalah oksigen. Udara yang dihembuskan hasil bernafas adalah karbondioksida. Fungsi bernafas adalah menghasilkan energi yang digunakan untuk beraktifitas.

Pembahasan

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang diperlukan untuk proses kehidupan. Adapun ciri-ciri makhluk hidup sebagai berikut:

1. Bernafas

Bernafas merupakan ciri utama makhluk hidup. Tujuan utama bernafas adalah menghasipkan energi. Bahan utama bernafas adalah makanan dan oksigen. Organ bernafas pada makhluk hidup antara lain insang, paru-paru dan kulit.

2. Adaptasi

Adaptasi adalah penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan. Dengan beradaptasi maka makhluk hidup dapat melangsungkan kehidupannya sehingga tidak punah. Contohnya adalah daun kaktus berupa duri.

3. Bergerak

Bergerak merupakan ciri makhluk hidup yang membedakan dengan benda mati. Dengan bergerak maka makhluk hidup dapat memenuhi kebutuhan hidup seperti mencari makan. Alat gerak makhluk hidup antara lain sirip, kaki, sayap maupun perut.

4. Memerlukan makanan

Makanan diperlukan oleh makhluk hidup untuk menghasilkan energi melalui proses bernafas. Makanan juga berfungsi untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan karena mengandung nutrisi.

5. Tumbuh dan berkembang

Makhluk hidup selama hidupnya mengalami perubahan ukuran (pertumbuhan) dan mengalami proses kedewasaan (perkembangan).

6. Berkembangbiak

Berkembangbiak atau bereproduksi berfungsi untuk memperbanyak keturunan agar tidak mengalami kepunahan.

7. Peka terhadap rangsang (iritabilitas)

Iritabilitas pada makhluk hidup berfungsi untuk mempertahankan tubuh dari serangan pemangsa atau suatu hal yang mengganggu. Contoh iritabilitas adalah menutupnya daun putri malu saat disentuh.

8. Melakukan metabolisme

Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.

9. Mengeluarkan zat sisa

Mengeluarkan zat sisa atau ekskresi bertujuan untuk membuang zat yang tidak dibutuhkan tubuh karena bersifat racun atau berlebihan.  

Detil jawaban

Kelas: 6

Mapel: Biologi

Bab: Ciri-ciri Makhluk Hidup

Kode: 6.4.1

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa yang dimaksud dengan bernapas Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar