Contoh interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Contoh interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan

           Contoh interaksi sosial yang mengarah ke perpecahan berdasarkan jenisnya adalah :

  • Kompetisi, contohnya persaingan dalam pemilihan Presiden RI.
  • Kontravensi, contohnya membenci, memaki, bahkan memfitnah orang/kelompok lain.
  • Pertentangan/Konflik, contohnya tawuran dan perkelahian.

Pembahasan

           Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia. Proses interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial yang terjadi dapat bersifat positif dan negatif. Kontak yang bersifat positif akan mengarah pada kerjasama, sedangkan kontak yang bersifat negatif akan mengarah pada suatu pertentangan.

           Proses Interaksi Sosial dapat berlangsung secara Interaksi Asosiatif maupun Interaksi Disosiatif. Interaksi Asosiatif adalah interaksi yang mengarah kepada kesatuan pandangan, sedangkan Interaksi Disosiatif adalah interaksi yang mengarah kepada kontak konflik dan perenggangan solidaritas kelompok. Ada macam-macam bentuk Interaksi Sosial, antara lain :  

BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL ASOSIATIF

           Interaksi Asosiatif adalah hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang dimana interaksi ini mengarah kepada kontak sosial positif dan kesatuan pandangan.

Bentuk interaksi asosiatif antara lain :

  • Kerja Sama. Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama.
  • Akomodasi. Akomodasi adalah suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan sehingga lawan tidak kehilangan kepribadiannya.
  • Asimilasi. Asmiliasi adalah suatu cara untuk bersikap dan bertingkah laku dalam menghadapi perbedaan untuk mencapai kesatuan dalam pikiran dan tindakan.

BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL DISOSIATIF

           Interaksi Disosiatif adalah hubungan atau interaksi yang dilakukan seseorang maupun sekelompok orang dimana interaksi ini menyebabkan kontak sosial negatif, konflik, serta perenggangan solidaritas kelompok.

Bentuk interaksi disosiatif antara lain :  

  • Kompetisi. Kompetisi adalah suatu proses individu atau kelompok yang bersaing untuk mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan tertentu.
  • Kontravensi. Kontravensi adalah sikap mental bersifat negatif yang tersembunyi terhadap orang lain atau terhadap unsur-unsur kebudayaan suatu golongan tertentu.
  • Pertentangan/Konflik. Pertentangan (konflik) adalah suatu proses di mana individu atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan ancaman dan kekerasan.

Pelajari Lebih Lanjut :

  1. Pengertian Interaksi Sosial, baca di brainly.co.id/tugas/2100671
  2. Contoh Interaksi Sosial, baca di brainly.co.id/tugas/5027817
  3. Syarat terjadinya Interaksi Sosial, baca di brainly.co.id/tugas/2141062  

Detail Jawaban

Kelas         : VII

Mapel        : IPS

Bab            : Kelas 7 IPS Bab 2 – Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial.

Kode          : 7.10.2

Kata Kunci : Contoh Interaksi Sosial, Pengertian Kontak Sosial, Bentuk interaksi sosial, jenis jenis interaksi sosial.

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Contoh interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar