Luas Permukaan Limas Segi Empat

Apa itu Limas Segi Empat?

Hello Sobat Teknohits! Pernahkah kalian mendengar tentang limas segi empat? Limas segi empat adalah bangun ruang yang memiliki sisi alas berbentuk persegi dan sisi tegaknya berbentuk trapesium. Bangun ruang ini sangat populer dalam matematika dan sering dipelajari di sekolah. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang luas permukaan limas segi empat. Yuk, simak penjelasannya!

Rumus Luas Permukaan Limas Segi Empat

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang luas permukaan limas segi empat, kita harus mengetahui terlebih dahulu rumusnya. Rumus luas permukaan limas segi empat adalah L = Lp + Ls, dimana Lp adalah luas persegi alas dan Ls adalah luas seluruh sisi tegak limas.

Cara Menghitung Luas Permukaan Limas Segi Empat

Untuk menghitung luas permukaan limas segi empat, pertama-tama kita harus menghitung luas persegi alasnya terlebih dahulu. Luas persegi alas dapat dihitung dengan rumus Lp = sisi x sisi. Setelah itu, kita harus menghitung luas seluruh sisi tegak limas.

Luas Seluruh Sisi Tegak Limas

Luas seluruh sisi tegak limas dapat dihitung dengan rumus Ls = (1/2 x (a+b)) x t, dimana a dan b adalah panjang alas trapesium, t adalah tinggi limas, dan 1/2 adalah setengah dari hasil penjumlahan panjang alas trapesium.

Contoh Soal

Mari kita coba menerapkan rumus luas permukaan limas segi empat pada contoh soal berikut. Sebuah limas segi empat memiliki panjang sisi alas 5 cm dan tinggi limas 10 cm. Jika panjang sisi trapesium alasnya adalah 6 cm dan 4 cm, maka berapa luas permukaan limas segi empat tersebut?

Penyelesaian

Pertama-tama, kita harus menghitung luas persegi alasnya dengan rumus Lp = sisi x sisi. Sehingga Lp = 5 x 5 = 25 cm^2. Selanjutnya, kita harus menghitung luas seluruh sisi tegak limas dengan rumus Ls = (1/2 x (a+b)) x t. Dalam contoh soal ini, a = 6 cm, b = 4 cm, dan t = 10 cm. Sehingga Ls = (1/2 x (6+4)) x 10 = 50 cm^2.

Hasil

Setelah kita menghitung kedua rumus tersebut, maka kita dapat menghitung luas permukaan limas segi empat dengan rumus L = Lp + Ls. Sehingga L = 25 + 50 = 75 cm^2. Jadi, luas permukaan limas segi empat pada contoh soal tersebut adalah 75 cm^2.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa luas permukaan limas segi empat dapat dihitung dengan rumus L = Lp + Ls, dimana Lp adalah luas persegi alas dan Ls adalah luas seluruh sisi tegak limas. Untuk menghitung luas seluruh sisi tegak limas, kita dapat menggunakan rumus Ls = (1/2 x (a+b)) x t. Dengan mengetahui rumus dan cara menghitungnya, kita dapat dengan mudah menghitung luas permukaan limas segi empat.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Demikianlah penjelasan tentang luas permukaan limas segi empat. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam memahami tentang limas segi empat. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Luas Permukaan Limas Segi Empat