apa topik masalah dari teks tersebut

apa topik masalah dari teks tersebut

2. Apakah teks tersebut adalah jenis teks eksplanasi ilmiah ? jelaskan dan berikan contoh !
3. Apa pesan yang ingin disampaikan penulis melalui teks tersebut ?

jawaban

1. Apa topik masalah dari teks tersebut ?

Pak Habibie , seorang pekerja keras, cerdas , inovatif yang berhasil berinovasi bidang teknologi penerbangan

Penjelasan :

Topik dari masalah adalah topik pembicaraan yang menjadi acuan pembahasan, menentukan topik dari pembicaraan dengan mengambil semua intisari bacaan dan disimpulkan dalam 1 – 2 kalimat. bedanya dengan judul, judul adalah nama yang disiratkan secara singkat menjadi kepala bacaan.

Bacaan tersebut membahas Pak Habibie dari masa kecil hingga besar , menceritakan biografi dirinya yang berhasil sukses karena sikap mau belajar , berinovasi , dan sukses. Maka , kita bisa menyimpulkan topik apa dari biografi beliau .

2. Apakah teks tersebut adalah jenis teks eksplanasi ilmiah ? jelaskan dan berikan contoh !

Tidak, teks tersebut bukanlah teks eksplanasi ilmiah , contoh dari teks eksplanasi ilmiah adalah teks biografi gunung berapi

Penjelasan :

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya segala sesuatu , dan istilah ilmiah adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan alam sekitar, jika digabungkan, menjadi teks eksplanasi ilmiah adalah teks menjelaskan proses terjadinya peristiwa alam.

Bacaan tersebut bukanlah teks eksplanasi ilmiah karena tidak berhubungan dengan alam sekitar , melainkan menjelaskan biografi seseorang.

Contoh lain dari teks eksplanasi ilmiah adalah ,

  • Biografi gunung berapi
  • Ensiklopedia alam Indonesia
  • Proses terjadinya banjir
  • Meradangnya lautan pasifik
  • Misterius magnetik pada lautan segitiga biru
  • Ada apa dengan garis lintang khatulistiwa?

3. Apa pesan yang ingin disampaikan penulis melalui teks tersebut ?

Sebagai generasi muda, kita harus memiliki motivasi belajar , dan berinovasi demi masa depan kita. Jika kita mau belajar , memiliki pandangan memajukan diri pasti kita bisa, jangan mudah menyerah , jika jatuh bangkit lagi , dan saat sudah sukses, selalu rendah hati .

Penjelasan :

   Pesan atau amanat adalah hal yang ingin diberitahukan kepada pembaca sebagai motivasinya, dari bacaan , kita dapat menarik kesimpulan dan mengambil inti motivasinya , seperti usaha, tekad, tips , dan prinsip hidupnya.