4 Merek Smartphone Ternama Yang Ternyata Asal China

Tak dapat dipungkiri saat ini China telah merajai pasar dunia dengan penjualan produk, salah satunya yaitu smartphone yang telah menjamur di Dunia termasuk Indonesia, bahkan ada beberapa merek ponsel ternama yang ternyata asal China, merek apa sajakah itu? Yuk kita ulas bersama.

1. Lenovo: Sering Dikira Merek Amerika

Lenovo
Sumber gambar: begawei

Pada Pertamanya, Lenovo merupakan sebuah produsen perangkat PC, baik desktop, AIO PC, hingga notebook. Nama Lenovo sebagai produsen smartphone Android mulai mencuat saat mereka bekerjasama dengan Intel, menggunakan prosesor Intel Atom pada smartphone Lenovo K900 yang juga menggunakan jasa Kobe Bryant sebagai bintang iklannya.

Lenovo Semakin dikenal

Sejak saat itu, Lenovo tentu semakin dikenal dan terus eksis menciptakan smartphone Android di kelas menengah ke bawah menggerogoti pasar Samsung. Sampai kini, Lenovo mengklaim jika mereka sukses menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia, tepat setelah mencaplok Motorola. Baru-baru ini, Lenovo pula sukses merilis dua smartphone Android barunya untuk selfie, yaitu S580 dan LIVO. So, jika kamu beranggapan bila Lenovo merupakan produk Amerika atau Eropa, kamu salah besar!

2. Meizu: Pede dengan Sistem Operasi Besutan Sendiri

Meizu
Sumber gambar: meizu

Di Indonesia, nama Meizu jelas kalah tenar dibanding Lenovo. Akan tetapi di negeri asalnya, China, Meizu menjadi produsen smartphone paling diperhitungkan. Nama Meizu semakin meledak saat merilis smartphone Meizu MX4 dan MX4 Pro. Kedua smartphone tersebut dilengkapi hardware teratas pada saat itu, sehingga sempat tercatat sebagai smartphone tercepat di dunia berdasarkan benchmark AnTuTu.

Tak cuma mengandalkan sistem operasi Android, Meizu juga pede menggunakan sistem operasi lain pada smartphone miliknya. Selain menciptakan smartphone, Meizu juga mengembangkan sistem operasi miliknya sendiri dengan nama Flyme OS. Lalu, apakah smartphone ini tersedia di Indonesia? Tentu saja ada!

3. ZTE

ZTE
Sumber gambar: hallo gsm

Namanya singkat, cuma terdiri dari tiga huruf. Di Indonesia, ZTE mungkin lebih dikenal sebagai produsen modem, bukan smartphone. Akan tetapi lain halnya di China dan di Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam tersebut, ZTE berhasil menyodok menjadi smartphone dengan jumlah pengguna terbanyak ketiga! Bahkan, ZTE juga mensponsori klub-klub basket NBA di Amerika Serikat.

Bagaimana dengan di Indonesia? Kamu pasti mengenal smartphone Android besutan BOLT! Super 4G yang dirilis akhir tahun 2014 lalu. Salah satu smartphone keluaran BOLT! tersebut adalah ZTE V9820 yang hadir dengan prosesor quad-core kelas menengah Snapdragon 400. Selain BOLT!, smartphone dari ZTE juga kerap dipilih untuk dijual sebagai smartphone bundling dari operator seluler, sebut saja Smartfren.

4. Xiaomi: Terkenal Karena Sering Dituduh Menjiplak Apple

Xiaomi Mi Max 2
Sumber gambar: Shopee

Wah, kalau merek yang satu ini sih tak perlu ditanya lagi ya darimana asalnya. Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa mengetahuinya. Berawalan dengan huruf “X” dan dibaca dengan lafal “S”, yaitu “Siaomi” menandakan bahwa ini adalah smartphone tulen asal China. Nama Xiaomi mendadak fenomenal, terutama setelah beberapa kali ketahuan menjiplak iPhone milik Apple.

Untungnya, Xiaomi berhasil membuktikan diri sebagai produsen smartphone kelas dunia. Lewat produk Redmi dan Mi Series, terutama Xiaomi Mi Note yang baru saja dirilis di ajang CES 2015 Januari lalu, Xiaomi berhasil menduduki peringkat lima besar produsen smartphone terlaris di dunia. Di Indonesia sendiri, kamu pasti sudah merasakannya sendiri ketika ikut mengantre Xiaomi Redmi 1S melalui penjualan flash sale yang diadakan oleh Lazada beberapa waktu lalu. Ya, hal tersebut sudah cukup menggambarkan betapa fenomenalnya merek asal China yang satu ini.