Selain Nonton Video, Inilah Beberapa Tips Menarik Menggunakan YouTube

Kamu buka YouTube hanya untuk menonton videonya saja? Sudah tidak jaman. Sekarang kamu bisa mengakses YouTube selain untuk menonton konten video yang terdapat di dalamnya, untuk itu teknohits sudah merangkum beberapa tips yang bisa kamu praktikan saat menggunakan YouTube, yuk disimak infonya baik baik.

1. Membuat GIF

Membuat GIF
Sumber gambar: kompas

Hal menarik pertama yang dapat kamu lakukan di YouTube yaitu dengan membuat GIF (gambar bergerak). Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengubah video YouTube menjadi gambar GIF. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan situs GIF Maker dari Giphy. Pastikan yang kamu buat adalah video pendek, jangan video berdurasi panjang (15 menit ke atas). Selain itu, kamu juga bisa membuat GIF langsung dari YouTube dengan cara ini:

2. Menemukan Easter Egg

Selain Google, ternyata YouTube pula mempunyai Easter Egg yang dapat kamu temui. Salah satu easter egg YouTube yaitu ‘doge meme’. Untuk mencobanya, kamu cuma perlu mengetik doge meme di kolom search, secara otomatis tampilan YouTube kamu akan berubah.

3. Karaokean di YouTube

Banyak dari kamu yang pasti pernah menyanyi mengikuti video yang sedang kita lihat. Meski begitu, terkadang kamu terhambat dengan tidak tahunya lirik dari video tersebut. Untuk mengatasi hal atau masalah lirik tersebut di YouTube, kamu dapat menampilkan lirik di video YouTube yang kita tonton menggunakan ekstensi chrome bernama Musixmatch.

4. Berbagi Video dengan Durasi Tertentu

Saat kamu cuma mau membagikan video YouTube pada menit-menit tertentu saja, sepertinya kamu harus mencoba cara berikut ini. Dengan begitu, kamu tak perlu untuk melihat videonya dari awal. Buka video YouTube dan mainkan, selanjutnya catat waktu video pas kamu tampil dan ingin kamu tetapkan sebagai titik awal. Misalnya, pada menit ke 1 menit dan 12 detik.

Formatnya gini: #t=01m12s dan copy, selanjutnya buka URL video kamu dan tambahkan waktu yang kamu tetapkan tadi. Selesai, bagikan link tersebut ke teman-teman kamu. Dan akan langsung terputar di menit yang kamu tetapkan tadi. Keren kan? Contohnya bisa kamu lihat di video berikut; Nasib Tanggal Muda VS Tanggal Tua (Full Version) – Gokil.lol.

5. Trik Awesome

Tips selanjutnya biar nonton YouTube lebih asyik, caranya dengan tonton salah satu video di YouTube, lalu tekan tombol Fullscreen. Setelah itu ketik AWESOME di keyboard kalian, dan lihatlah apa yang terjadi!