Arah Gerak Jarum Galvanometer Dipengaruhi Oleh

Pendahuluan

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas mengenai arah gerak jarum galvanometer dipengaruhi oleh apa saja. Bagi kalian yang belum tahu, galvanometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur arus listrik. Jarum pada galvanometer akan bergerak berdasarkan arah aliran arus listrik yang terjadi pada kawat penghantar. Nah, mari kita simak faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi arah gerak jarum pada galvanometer.

Medan Magnet Luar

Salah satu faktor yang mempengaruhi arah gerak jarum pada galvanometer adalah medan magnet luar. Medan magnet luar adalah medan magnet yang berasal dari luar kawat penghantar. Saat arus listrik mengalir pada kawat penghantar, akan terjadi medan magnet di sekitar kawat tersebut. Jika ada medan magnet luar yang mempengaruhi medan magnet yang dihasilkan oleh kawat penghantar, maka arah gerak jarum pada galvanometer akan berubah.

Arah Arus Listrik

Selain medan magnet luar, arah gerak jarum pada galvanometer juga dipengaruhi oleh arah aliran arus listrik. Arah gerak jarum pada galvanometer selalu searah dengan arah aliran arus listrik. Jika arus listrik mengalir dari positif ke negatif, maka jarum pada galvanometer akan bergerak dari kiri ke kanan. Sedangkan jika arus listrik mengalir dari negatif ke positif, maka jarum pada galvanometer akan bergerak dari kanan ke kiri.

Kawat Penghantar

Kawat penghantar juga mempengaruhi arah gerak jarum pada galvanometer. Jika kawat penghantar melingkar pada galvanometer, maka arah gerak jarum akan berlawanan dengan arah jarum jam. Sedangkan jika kawat penghantar melingkar pada arah sebaliknya, maka arah gerak jarum akan searah dengan arah jarum jam.

Ukuran Galvanometer

Ukuran galvanometer juga mempengaruhi arah gerak jarum pada galvanometer. Semakin besar ukuran galvanometer, maka semakin besar pula arus listrik yang dapat diukur. Namun, semakin besar ukuran galvanometer, maka semakin lambat pula gerakan jarum pada galvanometer.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa arah gerak jarum pada galvanometer dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain medan magnet luar, arah aliran arus listrik, kawat penghantar, dan ukuran galvanometer. Dengan memahami faktor-faktor tersebut, kita dapat mengetahui arah gerak jarum pada galvanometer dengan lebih baik.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Arah Gerak Jarum Galvanometer Dipengaruhi Oleh