Dark Mode di iOS
Sumber gambar: idn times

5 Alasan Dark Mode di iOS Lebih KEREN daripada Android

Hallo guys, kali ini teknohits akan membahas sedikit mengenai fitur dark mode yang terdapat pada perangkst iOS, meski sekilas melihat sama, akan tetapi ternyata terdapat beberapa sebuah perbedaan yang buat fitur dark mode pada perangkat iOS ini dikatakan lebih good. Kamu penasaran? mending langsung saja simak beberapa alasan kenapa fitur dark mode di iOS lebih bagus daripada Android berikut ini.

Dark Mode di iOS
Sumber gambar: dewailmu

1. Warna Lebih Cerah dan Kontras

Yang pertama yang menjadi alasan utama kenapa fitur dark mode pada os iOS lebih good daripada di Android adalah kontras warna yang ditawarkan oleh fitur ini. Meski terlihat tampilannya samaa aja, akan tetapi ternyata mode gelap terdapat iOS menghadirkan warna-warna yang terlihat cukup cerah dengan keseimbangan kontras yang sangat pas. Keseimbangan kontras yang menyeluruh tersebut itu saja buat tampilannya terlihat lebih jelas dan mudah dibaca oleh penggunanya. Beda dengan iOS, fitur dark mode pada OS Android hadir lewat warna putih yang nggak cukup cerah sehingga membuat tampilannya tak cukup jelas.

2. Berjalan Mulus di Semua Aplikasi Apple

Tak cuma sekadar hadir saja, namun fitur dark mode yang bagus adalah yang mampu berjalan mulus di semua aplikasi bawaan HP itu sendiri. Hal tersebut yang ditawarkan oleh fitur dark mode pada sistem operasi iOS, geng. Saat pengguna memakai fitur ini, maka semua aplikasi besutan Apple akan berubah ke mode gelap. Sementara itu, pada perangkat Android fitur dark mode nggak bisa digunakan secara otomatis di seluruh seluruh aplikasi besutan Google. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa aplikasi bawaan seperti contohnya aplikasi pesan yang memberikan pilihan kepada penggunanya apakah mau mengaktifkan fitur dark mode atau tak. Oleh karena itu, kamu harus aktifkan kembali fitur ini untuk aplikasi itu yang mendukung sehingga akan menambah pekerjaan esktra bagi penggunanya.

3. Bekerja Lebih Optimal

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna fitur dark mode pada perangkat Android yaitu layar putih yang sesekali muncul ketika pengguna berpindah aplikasi. Padahal, idelalnya ketika fitur ini diaktifkan maka nggak ada lagi layar putih yang muncul walaupun hanya dalam durasi sekejap saja. Untungnya, di perangkat iOS hal ini nggak terjadi dan fitur dark mode dapat bekerja dengan sangat optimal dibandingkan Android. Beberapa pihak menduga masalah yang terjadi pada OS Android tersebut dikarenakan beberapa aplikasi Google memiliki pengaturan dark mode secara terpisah seperti yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya. Walaupun terdengar sepele, tapi kekurangan ini cukup menganggu bagi sebagian orang dan berharap pihak Google bisa segera memperbaikinya.

4. Pengaktifan Dark Mode Terjadwal

Satu tersebut yang paling menarik dari fitur dark mode pada perangkat iOS adalah hadirnya fasilitas untuk mengaktifkan fitur ini secara terjadwal, bro. Maksudnya, kamu dapat mengatur agar fitur dark mode ini aktif secara otomatis ketika matahari terbenam dan mengaktifkannya kembali pada jam yang telah diatur. Meski mungkin terdengar sepele, tapi perlu diakui jika fasilitas ini sangat membantu sekali bagi pengguna yang mencari kepraktisan. Sementara itu, pada HP Android pengguna harus mengaktifkan dan menonatifkannya secara manual atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fasilitas tersebut.

5. Penerapan Dark Mode Lebih Merata

Tak hanta dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi bawaan Apple saja, fitur dark mode pada perangkat iOS juga hadir lebih merata mulai dari wallpaper, widgets, sampai notifikasi. Hal ini membuat desain tampilan dark mode pada sistem operasi iOS terlihat lebih seragam dan enak dipandang. Terlebih, tampilan dark mode sendiri dianggap lebih keren dan elegan oleh sebagaian orang.