5 Alasan Kamu Wajib Menggunakan Fitur Dark Mode di HP

Kali ini Mimin akan kembali membahas fitur dark mode yang sudah resmi dirilis pada smartphone Android maupun iOS, dan dalam artikel ini pula teknohits akan membahas sebuah alasan penting wajib menggunakan fitur dark mode di hp, untuk itu yuk langsung saja disimak infonya berikut ini.

1. Bisa Menghemat Baterai

Salah satu alasan yang paling banyak menarik perhatian yaitu isu tentang sebuah fitur dark mode yang dapat menghemat baterai HP. Meski saat ini sudah terdapat banyak sekali HP yang mempunyai baterai berkapsitas jumbo, namun hal tersebut rupanya masih nggak cukup buat sebagian orang yang memiliki mobilitas tinggi, bro.

Fitur dark mode sendiri kabar mampu menghemat baterai HP secara signifikan sehingga hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi para pengguna. Pihak Google sendiri pernah mengonfirmasi mengenai hal ini lewat acara Google Dev Summit yang digelar pada bulan November tahun lalu.

Hanya saja fitur dark mode ini bisa bekerja lebih optimal untuk menghemat baterai ketika digunakan di HP dengan layar OLED. Hal tersebut karena masing masing piksel pada layar OLED akan mati saat menampilkan warna hitam sehingga baterai akan lebih hemat. Sementara, layar jenis LCD memiliki backlight yang akan tetap menyala meskipun sedang menampilkan warna hitam.

2. Lebih Aman Buat Kesehatan Mata

Kamu pernah gak sih, kamu bermain HP di ruangan dengan pencahayaan yang redup, bro? Kayanya hampir semua orang pernah melakukan hal ini, ya. Tapi tahu gak, sih, kalau ternyata hal tersebut akan membahayakan kesehatan mata kamu lho, bro Tak cuma bikin mata kering dan sakit karena cahaya biru pada layar HP yang kamu lihat sepanjang hari, paparan cahaya biru yang terlalu berlebih juga bisa menekan sekresi melatonin, hormon yang dibutuhkan untuk tidur. Itulah juga alasannya kenapa saat ini lampu pada dashboard mobil kebanyakan berwarna biru, geng. Oleh karena itu, meskipun terlihat sepele tapi penggunaan fitur dark mode pada HP sedikit banyaknya bisa membantu untuk membuat mata kamu tetap sehat dan nyaman pada saat menatap layar HP, bro.

3. Tampilan Lebih Elegan

Meski hal tersebut soal selera, tapi banyak orang akui jika perubahan tampilan yang dihasilkan dari penggunaan fitur dark mode pada HP bisa membuat tampilan HP kamu semakin elegan lho, bro. Seperti yang kita tahu, fitur dark mode sendiri memberikan tampilan yang terkesan misterius, simpel, dan bersih sehingga lebih enak untuk dipandang dan memiliki kesan yang elegan. Apalagi untuk kamu yang suka warna-warna monochrome, fitur dark mode ini wajib banget buat kamu gunakan deh, bro.

4. Teks Jadi Lebih Jelas

Mempunyaip paduan warna hitam dan putih, fitur dark mode pada HP ternyata mampu membuat penggunanya lebih cepat fokus terhadap teks yang mereka baca lho. Hal tersebut karena kombinasi warna gelap dan terang yang dihasilkan oleh fitur dark mode membuat teks menjadi lebih jelas untuk dibaca sehingga pengguna akan lebih cepat fokus. Hal ini juga telah dibuktikan lewat sebuah jurnal berjudul The Impact of Web Page Tex-Background Color Combinations on Readability, Retention, Aesthetics, and Behavioral Intention yang ditulis oleh Richard H. Hall dan Patrick Hanna. Selain itu, fitur dark mode juga menghasilkan kontras yang lebih baik sehingga sangat cocok buat kamu yang hobi membaca lewat perangkat gadget.

5. Tidak Menganggu Siklus Tidur

Selain dapat membantu menjaga kesehatan mata penggunanya, fitur dark mode juga ternyata bisa membuat siklus tidur kamu tetap normal lho, geng. Hal itu dikarenakan fitur dark mode mampu mengurangi cahaya biru yang menjadi penyebab seseorang mengalami insomnia.