komputer terdiri dari perangkat keras yang meliputi berikut ini kecuali

komputer terdiri dari perangkat keras yang meliputi berikut ini kecuali

 

perangkat keras:
1 monitor
2 cpu
3 printer
4 keyboard,dll
perangkat lunak:
aplikasi atau program yang ada di komputer

Pembahasan

  1. Perangkat keras (hardwareadalah komponen fisik dari sebuah komputer seperti keyboard, CPU, mouse, RAM (Random Access Memory), Hard disk (HDD), dan lain-lain. Memory bukan termasuk perangkat keras. Namun, termasuk perangkat keras dengan nama khusus misalnya RAM.
  2. Perangkat keras komputer terbagi menjadi 4, yaitu perangkat input, perangkat output, perangkat processing, dan media penyimpan. Perangkat input berfungsi untuk memasukkan data dan program ke dalam komputer.
  3. Media penyimpan berfungsi untuk menyimpan data atau program komputer. Contoh: Hard disk, CD, DVD, USB Flash disk, dan lain-lain.
  4. Mouse berfungsi sebagai alat pointer untuk mengakses melalui layar monitor. Scanner untuk mengubah data hard copy menjadi soft copy yang dapat diolah di komputer. Joystick adalah tuas kendali yang dapat digerakkan ke segala arah sebagai pelengkap permainan video.
  5. Mouse dapat digunakan untuk mengoperasikan beberapa perintah seperti click, double klik, right click, dan drag. Drag dioperasikan dengan mengarahkan pointer mouse pada objek, kemudian menekan dan menahan tombol kiri mouse sambil digerakkan ke tempat yang diinginkan lalu dilepaskan.