berikut ini adalah teknik dasar dalam pertandingan sepak bola kecuali

berikut ini adalah teknik dasar dalam pertandingan sepak bola kecuali

a. menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
b. menendang bola dengan menggunakan kaki bagian luar
c. menendang bola dengan punggung kaki
d. menahan bola menggunakan tangan
e. menahan bola menggunakan dada

2. Menendang bola mengenai tengah-tenagah kaki bagian dalam. Cara tersebut merupakan teknik menendang bola menggunakan….
a. kaki bagian dalam
b. kaki bagian luar
c. punggung kaki
d. punggung kaki bagian dalam
e. punggung kaki bagian luar

3. Kaki tendang diayun dari belakang. Saat bola datang, ujung kaki atau sepatu mengarah ke tanah. Perkenaan bola adalah pada kaki bagian….
a. dalam kaki
b. luar kaki
c. punggung kaki
d. telapak kaki
e. mata kaki

4. Berikut ini anggota badan yang digunakan untuk menahan bola memantul, kecuali….
a. perut
b. kaki bagian dalam
c. kaki bagian luar
d. kepala
e. telapak kaki

jawab

Jawaban dari soal-soal tersebut adalah.

  1. (D) Menahan bola menggunakan tangan
  2. (C) Punggung kaki
  3. (C) Punggung kaki
  4. (B) Kepala

Pembahasan

Berikut adalah penjelasan dari jawaban di atas.

  1. Dalam permainan sepak bola, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain, yakni menahan bola, menendang bola, mengumpan bola, menggiring bola, menyundul bola. Selain itu, dalam permainan sepak bola, pemain dilarang memainkan bola menggunakan tangan, kecuali pemain yang berposisi sebagai kipper.
  2. Cara melakukan teknik menendang bola menggunakan punggung kaki adalah dengan menarik kaki penendang ke belakang, kemudian ujung kaki diarahkan ke bawah. Kemudian ayunkan kaki penendang kea rah bola, dengan perkenaan bola tepat pada punggung kaki.
  3. Dalam permainan sepak bola, teknik menahan bola dapat digunakan dengan punggung kaki. Caranya adalah dengan memposisikan kaki yang digunakan untuk menahan bola pada arah datangnya bola, kemudia angkat sedikit kaki dan arahkan ujung kaki ke tanah. Pastikan perkenaan bola tepat pada punggung kaki.
  4. Dalam permainan sepak bola, terdapat beberapa anggota tubuh yang dapat digunakan untuk menahan bola. Untuk menahan bola memantul tinggi, dapat ditahan dengan menggunakan dada dan perut. Sedangkan untuk menahan bola yang memantul rendah, dapat menahan bola menggunakan telapak kaki atau kaki bagian dalam.