Masalah Yang Sering Terjadi di Google Chrome
Sumber gambar: PCmag india

5 Masalah Yang Sering Terjadi di Google Chrome & Cara Atasinya

Google Chrome merupakan sebuah salah satu aplikasi browser yang sangat populer di tengah masyarakat saat ini, tapi nampaknya kesuksesan tersebut tak membuat google crhome sempurna, karena masih terdapat masalah yang sering terjadi pada aplikasi browser ini, dan berikut ini teknohits juga berikan tips untuk mengatasi Masalah tersebut, untuk itu yuk kita simak infonya berikut ini.

1. Tab Google Chrome Sering Freeze

Masalah pertama yang paling banyak dialami saat sedang menggunakan Google Chrome, baik di smartphone maupun di perangkat komputer lainnya adalah tab yang sering freeze atau ngadat. Masalah ini umumnya disebabkan oleh extension pada Chrome kalian yang tidak kompatibel dengan browser Google Chrome itu sendiri atau karena kualitas dari extension yang kalian pasang pada Google Chrome kurang baik, dalam artian struktur kode extension tersebut kurang baik.

Bila kamu sering mengalami masalah seperti ini, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya, seperti berikut ini: Pada address bar browser Google Chrome, ketik chrome://extensions untuk mengakses daftar extension yang terinstal di Google Chrome kalian, kemudian hilangkan ceklis pada pilihan enable untuk semua extension yang telah terinstal.

Cara kedua yaitu kamu perlu mengetikkan chrome://conflicts untuk mengakses bagian modul di Google Chrome kalian. Di sini, kamu dapat melihat daftar modul yang berkaitan dengan Google Chrome kalian. Bila terdapat modul yang mengalami konflik, kalian cukup melakukan uninstall modul tersebut. Biasanya modul itu merupakan bagian aplikasi, jadi cukup uninstall aplikasi yang mempunyai modul tersebut. Cara ketiga adalah kamu dapat melakukan reset pengaturan Google Chrome dengan mengakses Settings > Show Advance Settings > Reset Settings dan pilih opsi Reset.

2. Google Chrome Crash Saat Dibuka

Masalah selanjutnya yaitu Google Chrome yang sering crash. Hal tersebut diakibatkan banyaknya tab yang kalian buka dalam satu jendela Chrome atau karena adanya malware atau semacamnya yang membuat beban kerja sistem perangkat komputer kalian bertambah.

Sebagai catatan, Google Chrome memakan cukup banyak RAM ketika dijalankan sehingga keberdaan malware dan jumlah tab yang terlalu banyak justru akan meningkatkan kemungkinan crash atau not responding pada Google Chrome. Untuk mengatasinyakalian bisa melakukan beberapa hal berikut: Lakukan Restart pada browser Google Chrome kalian dan bersihkan cache dan cookie browser Google Chrome kalian dengan menekan Ctrl + Shift + Delete.

Lakukan Re-Install (install ulang) pada browser Google Chrome kalian dan pastikan versi Google Chrome kalian adalah versi terbaru. Jika belum versi terbaru, lakukan update versi. Lakukan Scanning pada perangkat kalian untuk memusnahkan virus yang mungkin saja membebani sistem kalian dengan menggunakan antivirus. Kalian juga bisa melakukan reset pengaturan Google Chrome dengan cara yang sama seperti yang kalian lakukan ketika Google Chrome freeze atau ngadat.