YouTube Tidak Bisa Dibuka
Sumber gambar: musdeorange

Awas! Inilah 5 Penyebab Utama YouTube Tidak Bisa Dibuka

Menjadi sebuah aplikasi wajib untuk digunakan setiap hari menjadikan YouTube sebagai salah satu aplikasi paling banyak digunakan di dunia, tapi bagaimana jadinya jika aplikasi YouTube kamu tidak bisa dibuka? Tentunya kamu akan merasa kesal dong.

Pada smartphone, YouTube yang tak dapat dibuka dapat disebabkan seban data aplikas penuh. Penyebabnya yaktu karena terlalu banyak mendownload video untuk ditonton offline. Bukan hanya itu, dapat pula karena banyaknya cache yang membuat YouTube tak bisa diakses. Biasanya, cache yang menumpuk juga dapat membuatmu sulit untuk memutar video.

1. Aplikasi Belum Diperbarui

Pada beberapa smartphone, YouTube merupakan aplikasi bawaan. Meski begitu, kamu sebagai pengguna smartphone tetap harus mengupdate aplikasi YouTube ke versi terbaru. Kamu bisa mengupdate sendiri dengan menggunakan kuota internet. Tapi, biasanya, aplikasi ini akan otomatis melakukan update saat HP terkoneksi ke WiFi Agar nggak ketinggalan update versi terbaru, kamu bisa melakukan pengecekan manual untuk melihat apakah aplikasi YouTube sudah ada versi terbaru atau belum.

2. Data Aplikasi Penuh

Sudah berapa lama kamu menggunakan YouTube? Pasti bertahun-tahun, kan? Artinya, banyak data yang disimpan pada aplikasi tersebut dan memungkinkan datanya menjadi penuh.

3. Memori Internal Penuh

Coba kamu cek kapasitas memori internal yang tersisa di HP. Jika ternyata sudah penuh, wajar kalau aplikasi YouTube bermasalah hingga tidak bisa dibuka. Selain sebab data aplikasi penuh, YouTube juga tak dapat diakses karena memori internal yang penuh. Akibatnya, sistem pada smartphone menjadi nggak stabil. Memori yang penuh dan nggak ada ruang yang cukup juga bisa membuat masalah pada smartphone. Alhasil, bukan cuma YouTube yang bermasalah, tapi aplikasi lain juga.

4. Data Browser Terlalu Banyak

Selain di smartphone, ada juga yang mengalami YouTube tak dapat dibuka di komputer atau laptop. Jika seperti ini, masalahnya bisa saja ada pada browser yang digunakan. Saat tak dapat dibuka YouTube di Chrome atau aplikasi browser lainnya, kemungkinan browser tersebut memiliki banyak data dan cache yang membuatnya berat. Oleh karena itu, pastikan kamu rutin menghapus data cache pada browser yang dipakai agar bisa membuka YouTube dan situs lainnya dengan lebih lancar, bro.

5. Koneksi Internet Nggak Stabil

Selain sebab masalah pada perangkat, kenapa YouTube tidak bisa memutar video juga bisa disebabkan karena jaringan internet lambat atau kurang stabil. Untuk itu, pastikan kuota internet di HP cukup dan jaringan internet ngebut agar kamu bisa menonton video YouTube dengan mudah dan tentunya lebih nyaman.