Tips Google Chrome agar Berjalan Cepat dan Menghemat RAM
Sumber gambar: duosia

4 Tips Google Chrome agar Berjalan Cepat dan Menghemat RAM

Saat membuka aplikasi google Chrome terkadang kamu akan mengalami sebuah masalah berupa aplikasi yang lambat berjalan atau lemot, tentunya hal tersebut membuat kamu jengkel dan untuk mengatasi Masalah tersebut dibawah ini teknohits sudah merangkumnya khusus untuk kamu.

Google juga tak menutup mata akan masalah tersebut. Nah kamu dapat melakukan beberapa hal dibawah ini intuk mengurangi penggunaan RAM, supaya Chrome tetap berjalan ringan alias tidak lemot. Dilansir dari Techspot, berikut ini teknohits bagikan beberapa fitur ‘tersembunyi’ sebagai cara mempercepat Google Chrome untuk mendapatkan hasil maksimal saat browsing.

1. Tutup Secara Manual

Saat google Chrome mulai terasa lemot, lihat proses yang berjalan di latar belakang dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL+ALT+Delete untuk buka Task Manager. Berikutnya buka tab Processes, di situ kamu dapat melihat penggunaan RAM oleh Chrome. Nah cara percepat Google Chrome pertama tutup saja apa yang tidak perlu.

2. Hapus Ekstensi yang Tidak Digunakan

Cuma karena kamu suka download video di YouTube, supaya dapat download dengan sekali klik bukan berarti kamu butuh ekstensi yang berjalan sepanjang waktu. Selektiflah memasang ekstensi, kamu juga dapat mengatur secara manual dan nyalakan ketika dibutuhkan saja. Bila perlu, hapus ketika tidak benar-benar digunakan.

3. Aktifkan Plugin Clik-to-plaCli

Aktifkan Plugin Clik-to-play
Sumber gambar: if kobou

Chrome kini mulai memblokir iklan dengan bentuk Flash dan juga bakal mulai memblokir standar Flash mulai akhir tahun ini, kecuali untuk beberapa situs besar. Chrome sendiri sudah punya fitur built-in clik-to-play yang bekerja untuk setiap plugin. Untuk mengaktifkannya buka “chrome://settings“, klik pada “Show advanced settings“, lalu klik “Content settings“. Gulir ke bawah ke bagian plugin dan pilih “Let me choose when to run plugin content“.

Pastikan juga jika kamu opsi “always allowed to run” tak diaktifkan, karena akan menimpa pengaturan clik-to-play. Nah bila kamu melihat sesuatu yang tidak penting dalam daftar plugin, matikan atau hapus seperti yang kita lakukan pada ekstensi.

4. Pasang Ekstensi One Tab atau The Great Suspender

Bila kamu cenderung membuka banyak tab sekaligus dan tidak berniat untuk mengubah kebiasaan itu, terdapat beberapa ekstensi yang dapat membantu agar Google Chrome hemat ram. Dua pilihan yang paling populer adalah One Tab dan The Great SuspenderOne Tab memungkinkan kamu untuk menutup setiap tab yang terbuka sekali klik dan mengubahnya ke dalam daftar sebagai gantinya.

Bila kamu perlu untuk mengakses tab tersebut, kamu bisa mengembalikan semua tab sekaligus atau secara individu dengan mengklik pada link masing-masing. Kamu pula dapat dengan mudah mengekspor dan mengimpor tab sebagai daftar URL. Tergantung pada berapa banyak tab yang sedang berjalan dan berapa banyak skrip yang berjalan di dalam tab, memindahkan semua tab ke One Tab bisa menjadi cara mempercepat Google Chrome yang paling signifikan.

Beralih ke The Great Suspender, cara kerjanya secara otomatis akan menangguhkan tab yang tidak dipakai untuk sementara waktu. Membebaskan memori dan CPU yang digunakan oleh tab yang tidak digunakan. Tab dapat kembali ketika kamu kembali mengklik, kamu juga dapat mengkonfigurasi berapa lama waktu menunggu sebelum tab ditangguhkan.

Google sendiri sedang menguji fitur bernama tab discarding mulai pada Chrome versi 45, dengan cara kerja yang kurang lebih sama seperti ekstensi The Great Suspender. Bila diaktifkan, tab secara otomatis akan dibuang ketika memori sistem memori rendah dan bakal reloaded ketika diklik. Menariknya, Chrome akan menambahkan tab serialisasi jadi setelah tab ditangguhkan dan reload ulang ketika diklik tetap dapat kembali tepat di mana kamu tinggalkan.