Lahaula Walakuata Illabillah Tulisan Arab: Makna, Arti, dan Keutamaannya

Salam Sobat Teknohits, Apa kabar? Semoga baik-baik saja ya

Anda pasti sudah sering mendengar kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah” yang sering diucapkan oleh umat muslim. Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, apa sih sebenarnya makna dari kalimat tersebut? Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang makna, arti, dan keutamaan dari kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah” yang sangat populer di kalangan umat muslim.

Makna dan Arti Lahaula Walakuata Illabillah

“Lahaula Walakuata Illabillah” adalah kalimat dalam bahasa Arab yang terdiri dari empat kata. Secara harfiah, kalimat ini memiliki arti “Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”.

Makna dari kalimat ini adalah bahwa semua kekuatan dan kemampuan yang dimiliki manusia hanyalah sebatas yang diberikan oleh Allah SWT. Manusia tidak dapat berbuat apa-apa tanpa pertolongan dan izin dari Allah SWT. Dengan menyebut kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah”, manusia menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak dan kuasa Allah SWT.

Kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah” juga mengandung makna bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan bagian dari takdir Allah SWT. Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT tidak berhak untuk mengubah takdir yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

Dalam Islam, menyebut kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah” juga diartikan sebagai bentuk dzikir atau mengingat Allah SWT. Dengan menyebut kalimat ini, manusia mengingat bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak dan kuasa Allah SWT.

Keutamaan Lahaula Walakuata Illabillah

Sebagai sebuah kalimat dzikir, “Lahaula Walakuata Illabillah” memiliki beberapa keutamaan bagi umat muslim. Berikut adalah beberapa keutamaan dari kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah”.

Pertama, kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah” merupakan salah satu kalimat dzikir yang paling utama. Rasulullah SAW bersabda, “Kalimat yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah ‘Subhanallah Walhamdulillah Wala ilaha illallah Wallahu Akbar’ (Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar) dan ‘Lahaula Walakuata Illabillah’ (Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah)”.

Kedua, mengingat Allah SWT dengan kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah” juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian hati. Dalam Al-Quran Surah Ar-Ra’d ayat 28, Allah SWT berfirman, “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berdzikir kepada Allah. Ingatlah, hanya dengan berdzikir kepada Allah hati menjadi tenteram”.

Ketiga, kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah” juga dapat membantu menghilangkan rasa takut dan cemas. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan ‘Lahaula Walakuata Illabillah’ ketika merasa takut, maka Allah akan menghilangkan rasa takutnya dan memberikan keamanan kepadanya”.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang makna, arti, dan keutamaan dari kalimat “Lahaula Walakuata Illabillah”. Mengingat Allah SWT dengan kalimat ini dapat memberikan ketenangan dan kedamaian hati, serta menghilangkan rasa takut dan cemas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, dan selalu ingatlah bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak dan kuasa Allah SWT.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Lahaula Walakuata Illabillah Tulisan Arab: Makna, Arti, dan Keutamaannya