5 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Sering Overheat

Kamu sering mengalami masalah laptop yang sering overheat atau cepat panas? Tak usah khawatir karena dalam artikel ini teknohits sudah merangkum beberapa trik penting untuk mengatasi laptop kamu yang cepat panas, tak usah berlama lama lagi, yuk simak beberapa langkah berikut ini.

1. Jaga Kebersihan Laptop

Hal yang pertama kali yang wajib Kamu lakuin untuk atasi laptop yang sering _overheat& adalah jaga kebersihan laptop. Pasti semua orang sudah tau bahwa cara ini adalah cara yang paling gampang untuk menghilangkan panas pada laptop. Rajinlah untuk membersihkan area luar laptop dan jalur pembuangan laptop, usahakan tidak ada debu yang menempel pada bagian itu.

2. Jaga Sirkulasi Udara

Usahakan sirkulasi udara pada laptop kamu tetap terjaga. Tempatkan laptop pada permukaan yang padat seperti diatas meja ataupun lantai. Jangan pernah taruh laptop di atas permukaan yang lembut yang berpotensi menyumbat sirkulasi udara laptop, seperti di atas bantal atau di atas kasur. Sebab hal itu bisa hambat sirkulasi udara laptop sehingga laptop Kamu cepat panas.

3. Pastikan Kondisi Listrik Dalam Kondisi Baik

Seperti yang kamu tahu, kondisi kelistrikan di Indonesia kurang bagus untuk perangkat elektronik. Kadang daya voltasenya cuma 190 Volt dan 200 Volt. Bahkan ada juga lho yang hanya 170 Volt. Nih, kebayang nggak kalo adapter laptop Kamu dihubungkan ke voltase yang rendah, dapat rusak tuh laptop Kamu. Dikarenakan arus listrik yang masuk ke laptop kurang optimal dan kurang stabil. Lama-lama adaptor laptop kamu akan rusak dan laptop akan panas bahkan bisa juga laptop kamu yang mati total. Untuk mengakali hal tersebut, gunakan stabilizer untuk mencukupi daya voltase yang dibutuhkan supaya laptop kamu jadi awet.

4. Jangan Lupa Lakukan Pemeriksaan Berkala

Lakukan lah perawatan berkala pada laptop Kamu. Seperti membersihkan bagian dalam laptop, ganti pasta thermal yang baru pada processor dan juga scan data-datamu supaya terbebas dari virus yang bisa membuat laptop kamu bekerja secara lebih.

5. Lakukan Backup Data Secara Rutin

Sebetulnya, cara yang terakhir ini yaitu cara yang dilakukan bila laptop kamu tetap tidak berkurang panasnya, yaitu lakukan backup datamu secara rutin. Karena dikhawatirkan laptop yang terlalu panas tersebut dapat membuat laptop tersebut mati total. Nah, gawat kan? Sebaiknya antisipasi saja hal tersebut dengan cara backup data.