7 Presiden Indonesia dan Wakilnya

Hello, Sobat Teknohits! Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah panjang dalam hal kepemimpinan. Sejak kemerdekaan pada tahun 1945, Indonesia telah memiliki tujuh presiden yang masing-masing diwakili oleh wakil presiden yang berbeda. Yuk, kita kenali siapa saja mereka!

Soekarno dan Mohammad Hatta

Presiden pertama Indonesia adalah Soekarno yang menjabat dari 1945 hingga 1967. Ia dikenal sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia. Soekarno diwakili oleh Mohammad Hatta sebagai wakil presiden yang menjabat pada periode yang sama. Hatta juga merupakan salah satu tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia.

Soeharto dan Adam Malik

Presiden kedua Indonesia adalah Soeharto yang menjabat dari 1967 hingga 1998. Selama masa jabatannya, Indonesia mengalami kemajuan pesat dalam berbagai sektor. Soeharto diwakili oleh Adam Malik sebagai wakil presiden pada periode 1978-1983 dan 1983-1988.

B.J. Habibie dan Try Sutrisno

Presiden ketiga Indonesia adalah B.J. Habibie yang menjabat pada tahun 1998-1999. Habibie diwakili oleh Try Sutrisno sebagai wakil presiden selama masa jabatannya.

Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri

Presiden keempat Indonesia adalah Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur. Ia menjabat pada tahun 1999-2001. Gus Dur diwakili oleh Megawati Soekarnoputri sebagai wakil presiden pada periode yang sama. Megawati kemudian menjadi presiden kelima Indonesia.

Megawati Soekarnoputri dan Hamzah Haz

Presiden kelima Indonesia adalah Megawati Soekarnoputri yang menjabat pada tahun 2001-2004. Megawati diwakili oleh Hamzah Haz sebagai wakil presiden pada periode yang sama.

Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla

Presiden keenam Indonesia adalah Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY. Ia menjabat pada tahun 2004-2014. SBY diwakili oleh Jusuf Kalla sebagai wakil presiden pada periode yang sama. Jusuf Kalla kemudian menjadi wakil presiden lagi pada periode 2014-2019.

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin

Presiden ketujuh Indonesia saat ini adalah Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi. Ia menjabat sejak tahun 2014 hingga sekarang. Jokowi diwakili oleh Ma’ruf Amin sebagai wakil presiden pada periode 2019-2024.

Kesimpulan

Itulah nama-nama presiden Indonesia dan wakilnya sejak kemerdekaan hingga saat ini. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru bagi Sobat Teknohits tentang sejarah kepemimpinan Indonesia. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

7 Presiden Indonesia dan Wakilnya