katalog dalam pameran seni rupa mempunyai fungsi penting sebagai

katalog dalam pameran seni rupa mempunyai fungsi penting sebagai

 

Kakak bantu jawab ya.

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah fungsi utama katalog dalam pameran seni rupa adalah memperlihatkan karya-karya yang dipamerkan.

Berikut ini penjelasannya:
Fungsi utama katalog dalam pameran seni rupa adalah memperlihatkan karya-karya yang dipamerkan. Bisa saja tidak seluruh karya dijejalkan di katalog. Sebagian atau beberapa pun tak menjadi persoalan, karena dengan respresentasi beberapa karya setidaknya telah mewakili style dan kecenderungan estetik si seniman dalam suatu masa berkarya si seniman. Tapi jika katalog seni rupa dibuat dalam kepentingan lelang, maka seluruh karya seni rupa yang dilelang, apakah itu lukisan atau patung, haruslah dimuat seluruhnya berikut dengan data karya dan harganya. Semua tergantung konteks apa suatu katalog seni rupa itu dibuat.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir ini, yang menonjol adalah antara karya dan teks ditempatkan sama pentingnya. Ini tak bisa dihindari pewacanaan tentang seni rupa belakangan ini begitu deras terjadi, baik itu ulasan suatu perkembangan seni rupa, pengantar karya suatu pameran hingga polemik dan kritik di berbagai ruang-ruang diskusi seni dan media massa. Pewacanaan seni rupa dalam sejumlah katalog pameran seringkali sama imbangnya dengan jumlah karya yang termuat dalam katalog tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah fungsi utama katalog dalam pameran seni rupa adalah memperlihatkan karya-karya yang dipamerkan.

Semoga membantu.

Tinggalkan komentar