Budaya suku jawa yang dikenal hingga keluar negeri adalah

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Budaya suku jawa yang dikenal hingga keluar negeri adalah

Jawaban:

 

Budaya suku Jawa yang dikenal hingga keluar negeri adalah:

1. Gamelan

2. Wayang kulit

3. Batik

 

Pembahasan:

 

Suku Jawa adalah suku yang ebrasal dari pulau Jawa, dan dengan jumlah sekitar 80 juta jiwa, adalah suku dengan jumlah terbesar di Indonesia.

 

Suku ini memiliki berbagai kebudayaan yang dikenal hingga manca negara seperti:

 

1. Gamelan

 

Gamelan adalah ensembel atau rangkaian perangkat musik yang digunakan untuk memainkan musik tradisonal Jawa. Alat musik dalam gamelan umumnya berbentuk perkusi, atau alat musik yang dimainkan dengan dipukul. Alat musik penyusun gamelan antara lain adalah bonang, gong, kendang, dan saron.

 

DI luar negeri, gamelan dimainkan oleh para musisi dan penggemar musik. Misalnya adalah kelompok gamelan Kyai Telega Madu di Universitas Michigan, Amerika Serikat, dan gamelan Kyai Maud Laras di Universitas Oxford, Inggris.

 

2. Wayang kulit

 

Wayang kulit adalah pertunjukan dengan menggunakan figur dari kulit yang dibentuk menjadi tokoh-tokoh cerita, seperti cerita Mahabarata dan Ramayana. Di luar negeri wayang kulit sudah diakui dan dimasukkan dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity (Daftar Warisan Budaya Takbenda) oleh UNESCO pada tahun 2008.

 

3. Batik

 

Barik adalah seni pembuatan kain dengan corak hias yang digambar menggunakan canting berisi lilin (malam). Sebagaimana wayang kulit, batik juga diakui sebagai Daftar Warisan Budaya Takbenda, pada tahun 2009.

 

Batik sangat terkenal di berbagai dunia. Misalnya, mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, sering menggunakan baju batik ini.

 

Kode: 8.10.4  

Kelas: VIII

Mata pelajaran: IPS

Materi: Bab 4 – Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional  

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Budaya suku jawa yang dikenal hingga keluar negeri adalah Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar